visitaaponce.com

KPU Mulai Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Tingkat Nasional Pagi Ini

KPU Mulai Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Tingkat Nasional Pagi Ini
Ilustrasi rekapitulasi suara.(MI/SUSANTO)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) mulai melakukan rekapitulasi suara Pemilu 2024 untuk tingkat nasional pada Rabu (28/2) pagi ini. Rekapitulasi dilakukan lewat rapat pleno terbuka di halaman Kantor KPU RI, Jakarta.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan, rekapitulasi tingkat nasional ini akan dimulai dengan menghitung suara pemilu RI di luar negeri. "Yang sudah hadir di Kantor KPU ada 36 PPLN (panitia pemilihan luar negeri), sudah siap mengikuti rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara," katanya.

Hasyim tidak merinci PPLN mana saja yang hasil penghitungan suaranya akan diplenokan hari ini. Namun, ia menyebut dari 128 PPLN, 127 di antaranya sudah menyelesaikan hasil penghitungan suara di tempat masing-masing.

Baca juga : MUI Minta Semua Pihak Hormati dan Beri Ruang Kritis Rekapitulasi Suara

Satu PPLN, yakni Kuala Lumpur, belum memulai penghitungan suara karena bakal melakukan pemungutan suara ulang (PSU) untuk metode pos dan kotak suara keliling (KSK).

Adapun rapat pleno rekapitulasi tingkat nasional ini akan dimulai pukul 09.00 WIB. Masyarakat umum dapat menyaksikan jalannya proses rekapitulasi itu melalui kanal YouTube milik KPU secara streaming.

Menurut Hasyim, kegiatan rekapitulasi tingkat nasional itu turut dihadiri saksi dari masing-masing peserta Pemilu 2024 yang meliputi partai politik, pasangan calon presiden-calon wakil presiden, maupun calon perseorangan DPD.

"Juga dihadiri oleh Bawaslu, DKPP, dan stakeholder yang berkaitan dengan kepemiluan," pungkasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat