visitaaponce.com

DPD Pansus Dibentuk untuk Usut Kecurangan Pemilu di Semua Tingkatan

DPD: Pansus Dibentuk untuk Usut Kecurangan Pemilu di Semua Tingkatan
Ilustrasi(MI)

Anggota DPD RI asal Sulawesi Selatan, Tamsil Linrung, menegaskan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Kecurangan Pemilu untuk mengungkap banyaknya dugaan pelanggaran dan kecurangan pada semua tingkat pemilihan, mulai dari DPD hingga presiden.

“Ya termasuk presiden. Pokoknya semua dugaan kecurangan pemilu,” ujar Tamsil kepada Media Indonesia, Rabu (6/3).

Adapun Pansus itu dibentuk atas usulan yang disampaikan Tamsil. Menurutnya, diperlukan tindak lanjut lebih jauh soal pengaduan tentang pelanggaran dan kecurangan pemilu tidak hanya sebatas disampaikan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

"Perlu lebih jauh berpikir untuk membuat pansus pelanggaran atau kecurangan pemilu. Jadi tidak sebatas di Komite I, tetapi dibuat lintas komite untuk semua menyampaikan pandangan-pandangannya. Karena mungkin kecurangan ini ada imbasnya kepada teman-teman anggota yang tidak terpilih sekarang," tuturnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, DPD RI membentuk posko pengaduan dugaan pelanggaran Pemilu di setiap Kantor DPD RI di ibu kota provinsi. Upaya itu dilakukan untuk ikut mengawasi pelaksanaan Pemilu Serentak tahun 2024 agar tercipta pemilu yang demokratis, jujur-adil, bebas politik uang, dan terlegitimasi. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat