visitaaponce.com

Mantan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang Kecurangan Pemilu yang Terstruktur Modal Utama Penguatan Hak Angket

Mantan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang: Kecurangan Pemilu yang Terstruktur Modal Utama Penguatan Hak Angket
Hak anget(Dok. Medcom)

MANTAN Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang, menegaskan bahwa peluang untuk menggulirkan hak angket di DPR sangat kuat. Menurutnya, kecurangan yang terjadi pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 secara terstruktur, sistematis, dan masif (TSM) telah menjadi modal yang signifikan.

Dalam program "Crosscheck by Medcom.id" berjudul 'Setrum-setrum, Angket Tersandera Kasus Hukum?' yang diselenggarakan di akun YouTube Medcom.id pada Minggu, 10 Maret 2024, Saut menjelaskan esensi dari proses tersebut. Menurutnya, fokus utama adalah adanya TSM, dan tanpa hal tersebut, pintu masuk untuk membahas masalah tersebut tidak akan terbuka.

Saut menggarisbawahi pentingnya melibatkan semua pihak yang diduga mengetahui adanya kecurangan pemilu. Mereka diharapkan memberikan keterangan yang mendukung dan memperkuat bukti kecurangan yang terjadi.

Baca juga : Pengamat Nilai PDIP belum Satu Suara soal Hak Angket

"DPR memiliki kewajiban untuk memanggil mereka satu per satu dan meminta penjelasan. DPR RI memiliki hak untuk mengumpulkan keterangan yang kemudian dapat dikonfirmasi ulang," ujar Saut.

Menurutnya, DPR dapat mengambil pelajaran dari proses hak angket terkait Bank Century pada tahun 2009. Kasus tersebut berhasil mengungkap aliran dana bantuan untuk Bank Century.

"Mereka sudah bisa membawa Century untuk kemudian dilakukan penuntutan. Apalagi jika kita berbicara tentang kasus kecurangan pemilu yang begitu jelas, buktinya sangat terbuka dan transparan," tambah Saut. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat