visitaaponce.com

Korupsi Pengadaan Lahan Jalan Tol, KPK Panggil Eks Dirut Hutama Karya Bintang Perbowo

Korupsi Pengadaan Lahan Jalan Tol, KPK Panggil Eks Dirut Hutama Karya Bintang Perbowo
KPK panggil eks dirut hutama karya(Ilustrasi)

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil mantan Direktur Utama (Dirut) PT Hutama Karya Persero Bintang Perbowo hari ini, Senin (1/4). Dia bakal dimintai keterangan terkait dugaan rasuah pengadaan lahan di sekitar jalan Tol Trans Sumatra yang dikerjakan PT Hutama Karya Persero.

“(Pemeriksaan) bertempat di Gedung Merah Putih KPK,” kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Senin, 1 April 2024.

KPK juga memanggil mantan Kadiv Pengembangan Bisnis dan Investasi PT Hutama Karya Persero Moh Rizal Sutjipto dan Iskandar Zulkarnaen hari ini. Ketiga orang itu merupakan pihak yang dicegah penyidik ke luar negeri karena memiliki kaitan kuat dalam perkara ini.

KPK berharap mereka kooperatif kepada penyidik. Keterangan dari tiga orang itu dibutuhkan untuk menyelesaikan berkas perkara para tersangka.

KPK mengumumkan penyidikan baru. Tindakan rasuah yang diusut berkaitan dengan proyek pengadaan lahan untuk pembangunan Tol Trans Sumatra yang dilaksanakan PT Hutama Karya Persero.

“Karena adanya indikasi kerugian keuangan negara yang timbul dalam proses pengadaan lahan disekitar Tol Trans Sumatera yang dilaksanakan oleh salah satu BUMN (PT Hutama Karya Persero), KPK kemudian menindaklanjutinya dengan melakukan penyidikan,” kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu, 13 Maret 2024.

KPK mengatakan penyidik mengendus adanya kerugian negara dari pengadaan lahan itu. Nominalnya ditaksir mencapai miliaran rupiah.

“Nilai kerugian keuangan negaranya sementara mencapai belasan miliar rupiah dan menggandeng BPKP untuk menghitung besaran fix dari kerugian dimaksud,” ucap Ali. (Z-10))



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat