visitaaponce.com

PKS-PDIP Bisa Jadi Kekuatan Baru yang Luar Biasa, jika Jadi Oposisi

PKS-PDIP Bisa Jadi Kekuatan Baru yang Luar Biasa, jika Jadi Oposisi
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (tengah)(ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

PENDIRI lembaga survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia atau KedaiKOPI Hendri Satrio (Hensat) menilai jika Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan PDI Perjuangan bersama di luar pemerintahan atau oposisi maka bisa menjadi sebuah kekuatan baru.

Diketahui, kedua partai tersebut masih belum memutuskan untuk berkoalisi atau menjadi oposisi di pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

PKS menunggu momentum untuk menyampaikan sikap politiknya itu. Sementara PDIP baru akan bersikap setelah menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP, pada Mei mendatang.

Baca juga : PDIP dan PKS Punya DNA Kuat sebagai Oposisi

“Seharusnya keduanya nyaman (berada di luar pemerintahan), apalagi kalau dua-duanya ada di luar pemerintahan itu bisa ada rekonsiliasi ideologis,” tegas Hensat kepada Media Indonesia, Rabu (1/5).

Tak hanya rekonsiliasi ideologis, kedua partai juga bisa rekonsiliasi nasionalis dan islam, sehingga bisa menjadi kekuatan baru di perpolitikan Tanah Air.

“Jika ini terjadi bisa jadi kekuatan baru yang luar biasa di 2029 mendatang,” tandasnya.

Baca juga : PDIP dan PKS Harus Jadi Oposisi untuk Jaga Demokrasi

Sementara itu, Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin berharap PDI Perjuangan dan PKS bisa kompak mengambil jalan oposisi pada masa pemerintahan 2024-2029.

Dua partai tersebut harus berseberangan dengan pemerintahan demi menjaga iklim demokrasi tetap sehat.

“Ke depan, kalau demokrasi mau baik, PDIP dan PKS harus sebagai kekuatan oposisi. Jangan semua masuk koalisi Prabowo-Gibran,” tutur Ujang. (Ykb/Z-7)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat