visitaaponce.com

Kampanye Belum Mulai, Baliho Pilkada Mulai Marak

Kampanye Belum Mulai, Baliho Pilkada Mulai Marak
baliho calon kepala daerah Pilwalkot Bekasi 2024(MI/Tri Subarkah)

PEMILIHAN Kepala Daerah (Pilkada) 2024 belum memasuki tahap kampanye. Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga belum menetapkan pasangan calon kepala daerah, baik gubernur-wakil gubernur, bupati-wakil bupati, dan wali kota-wakil wali kota. Bahkan, pendaftaran bakal pasangan calon pun belum dimulai.

Kendati demikian, sejumlah tokoh yang berniat mencalonkan diri sebagai calon kepala daerah sudah mulai memasang alat peraga seperti spanduk, baliho, bahkan billboard di sejumlah tempat.

Di Kota Bekasi, misalnya, sudah bertebaran baliho mantan Wali Kota Bekasi seperti Mochtar Mohamad dan Tri Adhianto Tjahyono yang berniat maju lagi dalam kontestasi Pilwalkot Bekasi 2024-2029. Selain itu, ada pula billboard politisi PKS Heri Koswara dan politisi Partai Golkar Nofel Saleh Hilabi.

Baca juga : KPU Luncurkan Tahapan Pilkada Serentak 2024 di Kalsel

KPU tidak menyoalkan maraknya alat peraga sejumlah tokoh potensial yang berencana mencalonkan diri sebagai kepala daerah. Anggota KPU RI Idham Holik mengatakan, pemasangan media luar ruang sebelum masa kampanye dimulai berada dalam kewenangan pemerintah daerah masing-masing.

Bagi Idham, tokoh yang potensial mencalonkan diri sebagai kepala daerah memiliki kesempatan yang sama untuk melakukan komunikasi politik. Selain memanfaatkan alat peraga luar ruangan, Idham mengatakan mereka juga dapat memanfaatkan media sosial untuk menunjukkan kompetensi politik masing-masing.

"Biasanya dalam konteks marketing politik dan persiapan partai politik untuk mengajukan daftar bakal pasangan calon, partai juga melakukan survei opini publik terhadap para kandidat mereka," kata Idham kepada Media Indonesia, Rabu (29/5).

"Itulah mungkin alasan mereka memasang media komunikasi luar ruang seperti spanduk, billboard, banner, dan media lainnya," pungkas Idham. (Tri/P-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat