visitaaponce.com

Jajanan Buka Puasa Kekinian, Laris saat Ngabuburit

Jajanan Buka Puasa Kekinian, Laris saat Ngabuburit
Pekerja menyelesaikan pembuatan lemang bambu sebagai menu takjil di Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat.(MI/Usman Iskandar.)

JAJANAN puasa atau yang sering disebut dengan takjil biasanya dicari masyarakat saat sedang ngabuburit. Takjil tidak hanya diminati oleh umat Islam yang berpuasa, tetapi semua kalangan.

Jajanan tersebut dapat dibeli melalui online maupun datang langsung ke tempat penjual. Berikut beberapa jajanan buka puasa yang dapat Anda coba.

Dimsum

Ada bermacam-macam jenis dimsum yang dijual, mulai dari siomau, bakpau, hakau, fung zao, dumpling, gyoza, pangsit, lumpia goreng, dan variasi lain. Makanan asal Tiongkok ini dijual dengan harga bervariasi sesuai bahan pembuatannya. Tekstur dimsum yang lembut ditambah beragam isian di dalamnya menjadikan makanan ini kian diminati.

Baca juga: Serba Rp5.000, Jajanan Khas Ramadan Pemuas Dahaga

Corn dog

Bentuk makanan yang memanjang dengan variasi isian dan topping luar menjadikan makanan ini bisa kamu konsumsi sebagai jajanan buka puasa yang mengenyangkan. Bahan pembuatan corn dog adalah sosis yang dilapisi adonan encer tepung jagung kasar.

Pisang nugget crispy

Cara mengolah buah pisang yaitu dibuat menjadi nugget, dibalur tepung panir, dan digoreng renyah membuat rasanya semakin lezat. Apalagi jika sebelum disajikan diberi tambahan topping atau selai berbagai rasa.

Baca juga: Menu Buka Puasa Cek, Resep Takjil Kekinian Ramadan untuk Anak

Tahu walik

Tahu yang diisi bakso kemudian dibalik sebelum digoreng ini rasanya sangat krispi dan membuat ketagihan. Camilan buka puasa dari tahu yang berasal dari Banyuwangi ini sekarang bisa kamu dapatkan di berbagai tempat di Indonesia. Harganya pun terjangkau, mulai dari Rp1.000 saja per buah.

Kentang goreng kekinian

Sekilas makanan tersebut tidak mirip kentang goreng karena cara pembuatannya harus dicetak dengan cetakan khusus agar bentuknya memanjang sebelum digoreng. Namun, saat dimakan akan terasa tekstur kentang yang berbeda dari kentang goreng biasa. Dengan tambahan topping pedas, asin, manis, keju, BBQ, dan rasa lain, sajian kentang hits kekinian tersebut semakin diminati.

Kolak

Makanan berbahan dasar pisang atau ubi jalar yang dicampur dengan santan dan gula aren ini cocok sekali dijadikan menu pencuci mulut saat berbuka puasa. Rasa manis dari kuah kolak dapat memberikan energi untuk menjalani aktivitas kembali!

Cilok

Rasa cilok yang gurih dengan tekstur kenyal sangat menggugah selera. Ditambah lagi dengan siraman bumbu kacang atau kecap, dijamin rasanya semakin mantap. Tidak heran kenapa cilok jadi favorit banyak orang saat berbuka puasa.

Risoles

Risoles adalah salah satu jajanan tradisional berupa gorengan yang paling top. Rasa gurih dipadukan dengan tekstur creamy dari mayonaise. Isiannya pun beraneka macam, dari suwiran ayam, kentang, hingga sayuran.

Es kelapa muda

Terutama di tengah cuaca yang panas, hal pertama yang kita cari setelah seharian puasa pastinya minuman pelepas dahaga. Tekstur kelapa muda ini cocok banget dijadikan minuman es segar. Selain itu, air kelapa sendiri ada segudang manfaat untuk kesehatan.

Dadar Gulung

Dadar gulung menjadi salah satu jajanan buka puasa paling laris saat Ramadan. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut dicari-cari sebagai camilan buka puasa. Kulit dadar gulung identik dengan warna hijau dari hasil pewarnaan daun suji atau pasta pandan. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat