visitaaponce.com

Polisi Akan Putar Balikan Pemudik Sepeda Motor Jika Membawa Barang Atau Orang Berlebih

Polisi Akan Putar Balikan Pemudik Sepeda Motor Jika Membawa Barang Atau Orang Berlebih
Pemudik sepeda motor yang membawa barang atau orang berlebih saat mudik lebaran akan diputar balik oleh polisi. (MI/Ramdani)

KEPOLISIAN akan memutar balikan pemudik dengan sepeda motor yang membawa barang atau orang berlebih. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kerawanan kecelakaan akibat pelanggaran tersebut.

"Kita mengingatkan, ya mungkin itu akan kita putar balik untuk memperbaiki dulu bawaannya. Untuk yang muatannya berlebih akan kita ingatkan," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman dalam keterangannya, Sabtu (30/3).

Latif mengatakan, pada mudik lebaran nanti pihaknya akan mengedepankan tindakan represif edukatif, dibandingkan proses penilangan terhadap para pelanggar.

Baca juga : Pemerintah perlu Antisipasi Jalan Banjir Jelang Mudik

"Kita akan lakukan kegiatan represif edukatif, di mana pelanggaran itu harus ditindak, tapi tentunya tindakan yang edukatif ya," ucapnya.

"Diharapkan betul-betul kalau mereka (pemudik) sekecil apapun pelanggaran pasti akan kita lakukan penindakan, tindakan itu kan sekali lagi tindakan itu bukan berarti harus tilang," imbuhnya.

Latif juga mengimbau kepada para pemudik untuk lebih memanfaatkan angkutan-angkutan umum dibandingkan kendaraan pribadi, terutama sepeda motor. Hal itu untuk meminimalisir resiko kecelakaan lalu lintas.

"Manfaatkan angkutan-angkutan umum untuk khususnya jarak yang memang melebihi daripada 50 km, 80 km, apalagi 100 km ke atas harus menggunakan kendaraan umum. Hal ini untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas," ujarnya. (Z-3)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat