visitaaponce.com

Penalti Larut Kimmich Selamatkan Jerman dari Kekalahan Kontra Ukraina

Penalti Larut Kimmich Selamatkan Jerman dari Kekalahan Kontra Ukraina
Kapten timnas Jerman melakukan eksekusi penalti di laga persahabatan melawan Ukraina.(AFP/Focke Strangmann)

EKSEKUSI penalti kapten timnas Jerman Joshua Kimmich di masa injury time memastikan tim Panser bermain imbang 3-3 dengan Ukraina di laga persahabatan di Bremen, Senin (12/6).

Jerman tertinggal 3-1 hingga 10 menit terakhir laga. Namun, gol dari Kai Havertz memperkecil kekalahan Jerman sebelum penyerang Chelsea itu memenangkan hadiah penalti untuk timnya, yang sukses dimanfaatkan oleh Kimmich.

Ukraina tampil impresif dalam laga persahabatan melawan Jerman itu dan dipastikan mendongkrak rasa percaya diri mereka menjelang laga kualifikasi Piala Eropa 2024 melawan Makedonia Utara dan Malta, bulan ini.

Baca juga: De Bruyne Pimpin Belgia Tekuk Jerman

Ketika ditanya apakah dia menyesalkan timnya membuang kesempatan untuk menang, manajer timnas Ukraina Serhiy Rebrov, yang baru pertama kali bertugas, menjawab, "Anda bertanya apakah bermain imbang 3-3 melawan Jerman adalah sebuah kesuksesan?"

"Saya rasa kami membuat banyak kesempatan dan seharusnya bisa mencetak lebih banyak gol," lanjutnya.

Rebrov kemudian berterima kasih kepada Jerman yang menggelar laga persahabatan itu dan mengatakan, "Ini adalah laga yang sangat penting untuk Ukraina."

Baca juga: Dua Gol Niclas Fuellkrug bawa Jerman Pecundangi Peru

"Kami sangat berterima kasih kepada Jerman yang mendukung kami dalam perang melawan Rusia," imbuhnya.

Adapun pelatih timnas Jerman Hansi Flick mengakui timnya banyak melakukan kesalahan sehingga harus bekerja keras untuk memperbaiki penampilan mereka.

"Kami tahu prosesnya panjang namun proses itu sangat penting," ungkap Flick.

Jalannya pertandingan

Tim tuan rumah langsung menggebrak di awal laga. Tekanan Antonio Ruediger membuat Mykhaylo Mudryk salah memberikan umpan sehingga bisa direbut oleh Niclas Fuellkrug di depan muka gawang namun tendangannya meleset.

Namun, Fuellkrug tidak meleset di kesemoatan berikutnya, membelokkan tendangan Marius Wolf ke dalam gawang Ukraina pada menit keenam.

Gol tersebut merupakan gol ketujuh Fuellkrug dalam tujuh penampilan bersama timnas Jerman.

Jerman berusaha mencetak gol kedua namun malahan Ukraina yang mencetak gol dalam tempo 5 menit untuk membalikkan keadaan.

Para pemain Ukraina menyerobot umpan malas Julian Brandt dan Viktor Tsyhankov menjebol gawang Jerman lewat serangan balik pada menit 19.

Tim tamu kembali menggebrak dan kali ini Mudryk melancarkan serangan. Tendangan penyerang Chelsea itu membentur Ruediger sebelum masuk ke gawang timnas Jerman pada menit 24. Ukraina berbalik unggul 2-1.

Di babak kedua, Flick menarik keluar Fuellkrug dan memasukan Havertz.

Namun, Ukraina malahan yang berhasul menambah gol berkat kesalahan lini belakang Jerman.

Matthias Ginter gagal menerima back pass lambung dari Julian Brandt sehingga bola berhasil direbut Artem Dovbyk yang memberikan assist kepada Viktor Tysgankov untuk membuat kedudukan menjadi 3-1 pada menit 56.

Saat laga tampaknya akan berakhir dengan kemenangan Ukraina, Havertz mencetak gol memanfaatkan umpang lambung Ruediger pada menit 83.

Penyerang Chelsea itu kemudian memenangkan hadiah penalti di masa injury time setelah dijatuhkan di kotak terlarang Eduard Sobol.

Kimmich yang menjadi eksekutor sukses menjalankan tugasnya untuk membuat kedudukan menjadi imbang 3-3. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat