visitaaponce.com

Ambisi Gli Azzurri Mengembalikan Kejayaan Eropa

Ambisi Gli Azzurri Mengembalikan Kejayaan Eropa
Timnas sepak bola Italia dalam pertandingan piala UEFA 2022-2023.(AFP)

TIM nasional Italia akan menghadapi Spanyol dalam babak semifinal UEFA Nations League 2022-2023 di De Grolsch Veste, Enschede, Belanda, Jumat (16/6) dini hari WIB. Laga ini jadi langkah Gli Azzurri--julukan Italia-- yang ingin mengembalikan kejayaan jadi tim elite Eropa.

Setelah gagal lolos ke Piala Dunia 2022 lalu, Italia bangkit di liga negara-negara Eropa itu dengan melewati grup yang sulit termasuk Jerman, Inggris dan Hongaria. Mereka berambisi untuk mencapai final UEFA Nations League musim ini.

Kedua tim juga sudah bertemu di empat besar edisi musim lalu. Laga yang digelar di kandang Italia, San Siro saat itu, Gli Azzurri justr tumbang dengan skor tipis 1-2. Kekalahan itu juga mengakhiri rekor 37 pertandingan tak terkalahkan skuad asuhan Roberto Mancini.

Baca juga: Kualifikasi Euro 2024, Jude Bellingham dan Lewis Dunk Absen karena Cedera

Pelatih berusia 58 tahun itu ingin membuktikan bahwa mereka masih termasuk di antara elite Eropa dengan kemenangan di Belanda. "Kami berada di tahap akhir dan jelas kami ingin untuk menang, seperti yang lain, tetapi itu tidak akan mudah.Orang-orang yang ada di sini semuanya pantas mendapatkannya," kata Mancini.

Bagi Spanyol, laga ini juga jadi pembuktian juru taktik anyar Luis de la Fuente yang menggantikan posisi Luis Enrique yang dipecat tersingkir dari babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Baca juga: Dybala Dedikasikan Tiket ke Liga Europa untuk Pendukung AS Roma

Bersama De la Fuente, Tim Matador baru menjalani dua laga di babak kualifikasi Piala Eropa 2024 yakni kalah dari Skotlandia 0-2 dan menang atas Norwegia 3-0.

Beberapa laporan bahkan menyebutkan masa depannya bisa dipertaruhkan jika timnya gagal di empat besar UEFA Nations League 2022-2023.

"Semifinal melawan Italia yang saya anggap sebagai lawan yang hebat. Kami sangat menghargainya, dan kami sangat senang karena kami akan dapat bersaing. Kami setara dengan semua tim nasional terbaik di dunia dan kami sangat menantikan kompetisi ini," kata De la Fuente.

(UEFA/AFP/Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat