visitaaponce.com

Ini Modus Operasi Pengaturan Skor Pertandingan Liga 2

Ini Modus Operasi Pengaturan Skor Pertandingan Liga 2
Wakabareskrim Polri Irjen Asep Edi Suheri mengungkapkan modus match fixing sebuah pertandingan di Liga 2(Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto)

WAKIL Kepala Badan Reserse Kriminal (Wakabareskrim) Polri Irjen Asep Edi Suheri mengungkapkan modus operasi pengaturan skor atau match fixing sebuah pertandingan di Liga 2. Sebuah klub disebut ingin diuntungkan dengan menyuap wasit.

“Terdapat wasit yang terindikasi terlibat dalam praktik match fixing pada pertandingan Liga 2 antara klub X melawan klub Y pada November 2018,” kata Asep di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 27 September 2023.

Asep mengatakan Satuan Tugas (Satgas) Antimafia Polri awalnya mendapat laporan dan informasi dari SR dan pihak Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA). Lantas, Polri berkoordinasi dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Baca juga: Satgas Antimafia Bola Ungkap Kasus Match Fixing, Tetapkan Enam Orang Tersangka

"Hal ini kami tindaklanjuti melalui laporan polisi nomor LP/A/151/2023 pada 5 September 2023 dan Satgas Antimafia Polri memeriksa 15 saksi," papar jenderal bintang dua itu.

Asep menyebut saksi itu terdiri dari pihak klub, wasit yang terlibat dalam pertandingan, dan pengawas pertandingan. Termasuk pihak hotel, pegawai hotel, penyelenggara pertandingan, serta Komite Disiplin PSSI.

Baca juga: Maruarar Sirait Ditunjuk Sebagai Ketua Satgas Antimafia Bola

"Modus operasi yang dilakukan oleh pihak klub adalah meminta bantuan kepada perangkat wasit untuk memenangkan pertandingan salah satu klub dengan memberikan iming-iming hadiah berupa uang," ujar dia.

Klub X disebut memberikan uang Rp100 juta kepada para wasit. Uang itu diantar oleh tersangka A ke hotel tempat para wasit menginap.

Asep menuturkan pihak wasit berperan mengatur jalannya pertandingan untuk memenangkan klub X. Salah satunya dengan tidak mengangkat bendera saat pemain klub X di posisi offside.

Sebanyak enam orang menjadi tersangka pengaturan skor atau match fixing dalam sebuah pertandingan Liga 2. Pertandingan itu terjadi pada November 2018.

“Dari penyidik sudah diperoleh bukti yang cukup maka ditetapkan enam orang tersangka,” kata Asep.

Asep mengatakan tersangka itu, yakni K selaku penghubung wasit dan A selaku kurir pengantar uang. Mereka dijerat dengan Pasal 2 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

“Ancaman pidana selama-lamanya (penjara) lima tahun dan denda sebanyak-banyaknya Rp15 juta,” ujar jenderal bintang dua itu.

Tersangka lainnya, yakni M sebagai wasit tengah. Kemudian E sebagai asisten wasit 1, R sebagai asisten wasit 2, dan A sebagai wasit cadangan. Mereka dijerat dengan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

"Ancaman pidana selama-lamanya (penjara) tiga tahun dan denda sebanyak-banyaknya Rp15 juta," papar Asep. (MGN/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat