visitaaponce.com

Ini Pesan Baggott dan Struick untuk Pemain Indonesia yang Ingin Bermain di Eropa

Ini Pesan Baggott dan Struick untuk Pemain Indonesia yang Ingin Bermain di Eropa
Elkan Baggott saat tampil membela Ipswich Town(Instagram @elkanbaggott)

DUA  pemain timnas Indonesia, Elkan Baggott dan Rafael Struick, memberikan pesan bagi pesepak bola Indonesia yang masih bermain di kompetisi Tanah Air tetapi ingin bermain di Eropa.

"Satu-satunya hal yang dapat Anda kendalikan adalah seberapa baik Anda bermain di klub Anda. Berkonsentrasilah untuk tampil baik. Dan yang terbaik yang bisa Anda lakukan," kata Baggott, pemilik 16 caps bersama timnas senior dan 4 caps bersama timnas kelompok umur (U-19, U-23), ketika ditemui di Jakarta, Senin (9/10).

Baggott dan Struick adalah dua pemain Indonesia yang merumput di Eropa. Baggott bersama Ipswich Town di Divisi Championship (kasta kedua Liga Inggris) dan Struick bersama ADO den Haag di Eerste Divisie (kasta kedua Liga Belanda).

Baca juga: Baggott Nilai Timnas Berkembang Pesat di Bawah Sin Tae Yong

Baggott, yang telah bermain sebanyak tiga kali bersama Ipswich di ajang Piala Liga, mengatakan cara terbaik pemain Indonesia dapat bermain di Eropa adalah dengan fokus menampilkan penampilan terbaik di klub yang dibela saat ini.

Instagram @rafaelstruick--Rafael Struick bersama ADO den Haag di Eerste Divisie (kasta kedua Liga Belanda).

Sementara Struick, yang hingga kini mencatatkan tiga penampilan di divisi dua Belanda, mengatakan pemain-pemain Indonesia yang masih merumput di kompetisi lokal tidak perlu memusingkan kesempatan bermain di benua biru.

Menurutnya, proses seorang pesepak bola dapat bermain di luar negeri bahkan Eropa ditempuh melalui proses panjang dan tidak secara cuma-cuma.

Baca juga: Shin Tae-yong Bidik Hasil Maksimal Laga Kandang Lawan Brunei

Oleh karena itu, Struick, yang hingga kini memiliki dua caps bersama timnas senior dan tiga caps dengan timnas kelompok umur (U-20, U-23) meminta pemain-pemain Indonesia yang ingin berkarier di Eropa untuk fokus tampil apik.

Hal itu berkaitan dengan skill dan visi bermain sepak bola yang dimiliki berkembang sedikit demi sedikit.

"Jangan terlalu fokus bermain di Eropa. Fokus saja pada pengembangan diri dulu. Baru kemudian Anda bisa melakukannya selangkah demi selangkah," ucap Struick.

Hingga kini, setidaknya ada empat pemain Indonesia langganan timnas yang merumput di Benua Eropa selain Baggott dan Strucik. Empat pemain itu adalah Marselino Ferdinan (KMSK Deinze, kasta kedua Liga Belgia), Ivar Jenner (Jong FC Utrecht, kasta kedua Liga Belanda), Shayne Pattynama (Viking FK, kasta pertama Liga Norwegia), dan Sandy Walsh (KV Mechelen, kasta pertama Liga Belgia). (Ant/Z-1)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat