visitaaponce.com

Kantor FIFA di Jakarta Jadi Penghubung untuk Asia Tenggara

Kantor FIFA di Jakarta Jadi Penghubung untuk Asia Tenggara
Presiden FIFA Gianni Infantino (kiri) dan Presiden Joko Widodo saat peresmian Kantor FIFA di Jakarta, Jumat (10/11).(Setpres)

FEDERASI Sepak Bola Internasional (FIFA) bakal berkantor di Jakarta. Kantor yang khusus disiapkan untuk perwakilan FIFA diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (10/11).

Hadir pada saat peresmian tersebut Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir. Hadir juga Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati serta Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo.

Lokasi yang digunakan sebagai Kantor FIFA Jakarta ialah di Menara Mandiri II, Jalan Jenderal Sudirman. Kantor itu berstatus sebagai FIFA Permanent Office South Asian Hub atau kantor penghubung permanen FIFA untuk Asia Tenggara.

Baca juga : Dapat Tanda Kehormatan, Presiden FIFA: Kehormatan Bagi Saya

Dalam acara peresmian Kantor FIFA di Jakarta, juga dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara PSSI dengan FIFA. MoU tersebut ditandatangani langsung oleh Presiden Gianni dan Ketum PSSI Erick Thohir.

Erick menyampaikan tujuan MoU untuk percepatan pengembangan sepak bola di Tanah Air. Dalam MoU ini diatur dukungan pemerintah terhadap Kantor FIFA Jakarta tersebut. Dukungan itu direalisasikan dengan membantu penyediaan ruang kantor, International Organization Status, dan operasional.

Di dalam MoU yang sama, diatur pula dukungan FIFA terhadap Indonesia yang akan memberikan pembinaan dalam pengembangan dan pembangunan sepak bola. Hal itu termasuk bidang administrasi dan tata kelola, stadium safety and security, football integrity, women's football, dan perwasitan.

Baca juga : Ke Eropa, Erick Siap Negosiasi dengan FIFA agar Indonesia Tak Kena Sanksi

Pada kantor seluas 926 meter persegi tersebut disediakan fasilitas lengkap mulai dari Kantor Presiden FIFA, Kantor Wakil Presiden FIFA, menyediakan tiga kantor kepala departemen, Conference Room, Meeting Room, Staff Workspace, Exhibition Area, Lounge, hingga Executive Lounge.

Erick Thohir mengapresiasi hubungan Indonesia dan FIFA sangat baik dan saling timbal balik demi memperkuat sepak bola Tanah Air. Indonesia juga tengah menyiapkan pusat latihan (TC) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang pembangunannya menggunakan dana FIFA Forward. Dana FIFA Forward yang dikucurkan ke PSSI senilai US$1,25 juta atau setara dengan Rp19,2 miliar.

"Dana bantuan yang diberikan kepada Indonesia itu merupakan pendanaan FIFA Forward terbesar di Asia Tenggara," kata Erick. 

Baca juga : Gagal di U-20, Jokowi Minta Erick Thohir Buat Cetak Biru Tranformasi Sepak Bola Nasional

"Jadi ini harus diapresiasi dengan komitmen semua. Mulai dari pengurus PSSI, pemain, pelatih, ofisial, serta seluruh masyarakat untuk bekerja keras dan bersama-sama memajukan sepak bola. Jika FIFA saja percaya sepak bola kita bisa maju, maka kita harus lebih yakin lagi," imbuh Erick.

Presiden Jokowi mengharapkan dibukanya kantor FIFA akan menjadi langkah awal untuk mencetak prestasi bagi sepak bola Indonesia.  Presiden juga berharap akan ada  peningkatan kualitas kompetisi di seluruh Indonesia dan menginspirasi anak-anak muda.

"Dengan adanya kantor ini juga saya harapkan akan membuat semakin banyak event FIFA di Indonesia," ucap Jokowi.

Sementara itu Infantino mengapresiasi kepemimpinan yang serius dalam mengembangkan sepak bola yang ditunjukkan Presiden Jokowi. Salah satunya adalah dengan terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat