visitaaponce.com

MU Tersingkir dari Liga Champions, Masa Depan Ten Hag Diragukan

MU Tersingkir dari Liga Champions, Masa Depan Ten Hag Diragukan
Pelatih Manchester United, Erik ten Hag.(AFP)

MANCHESTER United (MU) tersingkir dari Liga Champions usai menelan kekalahan 0-1 dari Bayern Muenchen di Old Trafford, Rabu (13/12). MU mengakhiri Liga Champions musim ini dengan nestapa yang membuat masa depan Erik ten Hag sebagai pelatih diragukan.

Setan Merah kalah 12 kali dari 24 pertandingan pembukaan mereka musim ini di semua ajang yang menjadi rekor buruk. Mereka juga gagal mempertahankan trofi Piala Liga dan mendekam di urutan keenam di Liga Primer Inggris.

Gol semata wayang dari Kingsley Coman di babak kedua membenamkan asa MU. Kekalahan dari Muenchen membuat MU finis di posisi buncit Grup A dengan hanya empat poin.

Sepanjang babak grup, Bruno Fernandes dan kawan-kawan hanya satu kali menang dan satu kali seri sisanya empat kali kalah. Mereka kebobolan 11 gol. Catatan itu untuk keempat kalinya klub asal Inggris finis di posisi terbawah ketika babak grup Liga Champions.

Baca juga: Copenhagen Susul Muenchen ke 16 Besar Liga Champions

Setelah musim pertama yang dianggap menjanjikan sebagai pelatih, masa jabatan Ten Hag di Old Trafford mulai diragukan di tahun keduanya. Mantan pelatih Ajax itu kesulitan menghadapi krisis pemain akibat cedera, pemain bintang yang berkinerja buruk, dan isu ketidakpercayaan di ruang ganti.

"Kenapa ini terjadi? Kami kehilangan pemain yang sangat menentukan. Dalam banyak pertandingan musim ini kami tidak memiliki pemain yang tersedia. Itu adalah penyebabnya meski bukan menjadi alasan (untuk kalah)," kata Ten Hag.

Setelah ini, skuad Ten Hag di Liga Inggris bakal mengunjungi Liverpool dan West Ham sebelum menjamu Aston Villa. MU bakal kehilangan Luke Shaw dan Harry Maguire yang menambah panjang daftar cedera. Lisandro Martinez dan Casemiro juga masih absen. Marcus Rashford juga tidak bisa bermain karena penampilannya yang menurun.

Ten Hag meminta pemainnya untuk belajar dari kegqgqlqn di Liga Champions dan bertekad memastikan kembali berkompetisi di musim depan.

Baca juga: Muenchen Singkirkan MU dari Liga Champions

"Masih ada hal yang perlu diperjuangkan. Sekarang kami bisa fokus ke Liga Primer," kata Ten Hag.

"Ini adalah level yang ingin kami mainkan, Liga Champions, jadi kami harus memberikan segala upaya untuk berada di empat besar agar tahun depan kami kembali ke Liga Champions," imbuhnya.

Muenchen Tak Terkalahkan

Sementara itu, Muenchen sudah memastikan lolos terlepas hasil di Old Trafford. Mereka masih tak terkalahkan sepanjang babak grup dengan lima kemenangan dan satu hasil imbang.

Ketika pengundian grup dilakukan, sedianya banyak yang memprediksi MU bisa melaju bersama Muenchen.

"(MU) Ini klub besar dan bukan apa yang Anda harapkan ketika melihat grupnya. Anda langsung mengira Manchester United sedang menantang untuk memenangi posisi juara grup," kata pelatih Muenchen, Thomas Tuchel.

Muenchen lolos ditemani FC Copenhagen yang memetik kemenangan 1-0 atas Galatasaray. Juara liga Denmark itu mengatasi rintangan untuk memastikan tempat mereka di babak sistem gugur untuk pertama kalinya sejak musim 2010/2011.

"Saya hampir tidak bisa berkata-kata betapa besarnya ini bagi kami untuk bisa meraih delapan poin di grup bersama Bayern Muenchen, Manchester United, dan Galatasaray," kata pelatih Copenhagen, Jacob Neestrup.

"Saya rasa merupakan pencapaian luar biasa bahwa tim Denmark bisa melaju. Grup ini sangat kuat dan penuh dengan begitu banyak bintang dunia," ucapnya.

(AFP/Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat