visitaaponce.com

Manchester City Raih Kemenangan Pertama di Piala Dunia Klub dengan Gemilang

Manchester City Raih Kemenangan Pertama di Piala Dunia Klub dengan Gemilang
Manchester City berhasil memenangkan Piala Dunia Antarklub setelah mengalahkan Fluminense 4-0.(AFP)

MANCHESTER City meraih kemenangan Piala Dunia Antarklub untuk pertama kalinya dengan penampilan gemilang, mengakhiri tahun 2023 dengan total lima trofi setelah mengalahkan Fluminense 4-0 di Jeddah pada Jumat.

Kemenangan City memperpanjang dominasi klub-klub Eropa dalam kompetisi ini sejak tahun 2012, dan kemenangan ini tidak pernah diragukan sejak Julian Alvarez membuka skor dalam waktu kurang dari satu menit.

Gol bunuh diri Nino di babak pertama secara realistis mengakhiri harapan Fluminense untuk menciptakan kejutan, sebelum Phil Foden dan Alvarez menutup skor dalam 20 menit terakhir.

Baca juga: Guardiola Tegaskan Jadi Juara Piala Dunia Antarklub Penting bagi Manchester City

Setelah meraih treble Liga Champions, Premier League, dan Piala FA musim lalu, City juga mengangkat UEFA Super Cup untuk pertama kalinya pada bulan Agustus.

Pep Guardiola juga mencatat sejarah sebagai pelatih pertama yang meraih Piala Dunia Klub sebanyak empat kali, dan itu dilakukannya dengan tiga klub yang berbeda setelah sebelumnya memenangkan kompetisi ini dua kali bersama Barcelona dan sekali bersama Bayern Munich.

Baca juga: Hajar Urawa Reds, Manchester City ke Final Piala Dunia Antarklub

"Meraih treble sungguh istimewa, tetapi meraih dua trofi lagi dan sekarang memiliki lima gelar utama ini menunjukkan mentalitas unik dari tim ini," kata Guardiola.

"Sebagai seorang manajer, ini adalah hal yang paling membanggakan bagi saya: bahwa kami selalu ada di sana. Tidak peduli seberapa banyak kami menang, tidak peduli trofi apa yang kami angkat, kami selalu ada lagi untuk berjuang memperebutkan yang berikutnya."

Performa buruk City di Liga Premier sebelum terbang ke Arab Saudi telah meningkatkan harapan Fluminense bahwa tim Guardiola bisa rentan. Namun, kesenjangan yang semakin besar antara klub-klub elit Eropa dan sisa dunia, berkat ketidakseimbangan keuangan yang besar dalam permainan sepakbola global, justru terungkap.

Klub-klub Eropa telah memenangkan 22 pertandingan beruntun di Piala Dunia Klub.

City kesulitan selama 45 menit untuk membongkar pertahanan Urawa Reds Jepang di babak semifinal sebelum akhirnya meraih kemenangan 3-0. Kali ini, mereka membutuhkan kurang dari 45 detik.

Alvarez mencetak gol tercepat dalam sejarah final Piala Dunia Klub ketika dia menyundul bola ke gawang yang tak dijaga setelah tembakan Nathan Ake memantul dari tiang gawang.

Dengan usia baru 23 tahun, pemain Argentina ini menambah koleksi trofinya yang luar biasa, termasuk Piala Dunia dan Copa America di tingkat internasional, Copa Libertadores selama di River Plate, ditambah medali Liga Premier, Liga Champions, Piala FA, dan UEFA Super Cup selama lebih dari setahun bersama City.

Khawatir Cedera Rodri

Fluminense kemudian mendapat pukulan telak ketika kapten Nino memasukkan bola ke gawang sendiri setelah umpan Rodri membuka pertahanan Brasil.

Ederson dipanggil untuk menjaga keunggulan dua gol City sebelum istirahat ketika kiper internasional Brasil itu melakukan penyelamatan menakjubkan dari sundulan Jhon Arias.

Namun, kiper lawannya, Fabio, lebih sibuk. Pemain berusia 37 tahun itu berhasil menjaga skor tetap wajar dan menghindari malu Fluminense.

Fabio menepis tembakan keras Jack Grealish sebelum istirahat dan dua kali menahan upaya Foden di awal babak kedua.

City mampu melewati babak kedua dengan mudah untuk mengakhiri tahun yang gemilang ini dengan kemenangan, tetapi kemenangan ini mungkin datang dengan biaya.

Rodri terpaksa keluar karena cedera 20 menit sebelum waktu berakhir. City kalah dalam ketiga pertandingan Liga Premier musim ini ketika gelandang Spanyol yang berpengaruh ini absen, dan mereka akan bertandang ke Everton yang sedang dalam performa baik pada 27 Desember.

Namun, itu tidak merusak kegembiraan di tahun yang menjadi puncak prestasi dalam 15 tahun yang dipenuhi trofi sejak nasib City berubah berkat pengambilalihan oleh Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan dari Abu Dhabi. Alvarez menjadi pencipta gol untuk gol ketiga City ketika Foden menyambar umpan terukur.

Dan pemain yang menggantikan Erling Haaland yang cedera menutup skor dua menit menjelang akhir dengan golnya yang ke-10 musim ini. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat