visitaaponce.com

Barcelona Raih Kemenangan Tipis 1-0 atas Osasuna dalam Pergelutan Terakhir Xavi

Barcelona Raih Kemenangan Tipis 1-0 atas Osasuna dalam Pergelutan Terakhir Xavi
Barcelona meraih kemenangan 1-0 melawan Osasuna, mempertahankan posisi ketiga dalam La Liga. (AFP)

VITOR Roque membawa Barcelona meraih kemenangan tipis 1-0 atas Osasuna untuk naik ke posisi ketiga dalam La Liga. Di saat yang sama Xavi Hernandez memulai perpisahan panjangnya sebagai pelatih juara.

Gelandang besar Barcelona yang sekarang menjadi pelatih mengumumkan pengunduran dirinya pada akhir musim. Pengunduran diri itu menyusul kekalahan berat akhir pekan lalu membuat Barcelona tertinggal 11 poin dari pemimpin klasemen, Girona.

Barcelona berhasil memangkas selisih menjadi delapan poin dengan kemenangan yang sebagian besar datar melawan Osasuna, yang dicetak oleh penyerang muda Brasil, Vitor Roque, untuk gol pertamanya bersama klub.

Baca juga : Barca dalam Tekanan Besar

Osasuna kehilangan Unai Garcia yang mendapat dua kartu kuning, namun Barcelona tidak dapat mengunci pertandingan.

Meskipun demikian, Barcelona tetap tertinggal tujuh poin dari Real Madrid yang berada di posisi kedua, meskipun telah memainkan satu pertandingan lebih banyak.

Xavi memuji pemainnya untuk kemenangan tersebut dan mengatakan mereka bereaksi dengan baik setelah kekalahan menyakitkan 5-3 dari Villarreal akhir pekan lalu.

Baca juga : Bayern Muenchen Bantah Thomas Tuchel Ingin Tukangi Barcelona

"Ruang ganti memiliki jiwa, kami adalah keluarga, hari ini kami tahu bahwa kami akan bereaksi dengan cara yang sangat positif," kata pelatih tersebut.

Xavi mengaku senang untuk Roque setelah mencetak gol pertamanya untuk klub. "Saya sangat senang untuknya, dia punya peluang (di pertandingan lain) tetapi tidak berhasil, hari ini akhirnya terjadi, golnya hari ini sangat positif," tambahnya.

Setelah membawa Barcelona meraih gelar La Liga musim lalu, tim Xavi mengalami kemunduran dan pada Januari mereka dikalahkan secara telak dalam final Piala Super Spanyol oleh Real Madrid dan tersingkir dari Copa del Rey.

Baca juga : Xavi akan Tinggalkan Barcelona Akhir Musim Ini

Xavi bersikeras akan terus berjuang untuk mencoba memenangkan La Liga dan Liga Champions, berharap keputusannya akan mengubah dinamika tim, namun pertunjukan babak pertama tidak memberikan inspirasi sebagaimana yang diharapkan selama dua tahun kepemimpinannya.

Pelatih tersebut memasukkan kembali Ferran Torres ke dalam tim setelah kekalahan dari Villarreal pada hari Sabtu, yang menjadi pemicu pengumuman rencananya untuk mundur.

Namun, pemain Spanyol itu harus ditarik keluar setelah beberapa menit dan digantikan oleh gelandang Fermin Lopez.

Baca juga : Xavi Masih Optimistis Barcelona Bisa Pertahankan Gelar Juara La Liga

Robert Lewandowski melebarkan sundulannya dan Jules Kounde juga melewatkan sundulannya dari sudut sudut oleh Ilkay Gundogan, sebelum tendangan silang Lopez yang berubah menjadi tembakan diselamatkan oleh Aitor Fernandez dari sudut yang sulit.

Lamine Yamal, winger 16 tahun yang tampil dalam empat pertandingan dalam 11 hari terakhir untuk Barca, mengirimkan umpan silang yang luar biasa yang disambut dengan sundulan tipis oleh Gundogan, yang seharusnya menjadi gol.

Hal ini membuat Olympic Stadium yang dingin menjadi hidup, dengan beberapa penggemar yang meneriakkan nama Xavi dan sang pelatih kemudian memasukkan Roque.

Baca juga : Xavi Harap Gelar Piala Super Spanyol Jadi Titik Balik Barcelona

Tigrinho, 18, hampir langsung mencetak gol dengan sundulan cerdas di dekat tiang gawang dari umpan silang Joao Cancelo.

Keterlibatan berikutnya dari Roque adalah menarik pelanggaran dari Garcia, yang akhirnya diusir karena menarik striker tersebut.

Barcelona memanfaatkan ruang ekstra dengan Yamal meregangkan pertahanan dan menciptakan penyelamatan dari Fernandez, dengan upayanya yang diikuti juga diblokir.

Baca juga : Ujian Blaugrana untuk Pertahankan Gelar

Pengganti Raul Garcia mengenai tiang gawang dengan tembakan rendah setelah Osasuna merebut kembali bola, yang merupakan peluang terbaik yang dimiliki tim tamu.

Lewandowski mencetak gol kedua untuk Barcelona, tetapi dianulir karena offside yang jelas, dan tuan rumah berhasil mempertahankan tiga poin hingga akhir pertandingan.

"Saya pikir Vitor memberikan kecepatan yang besar dalam permainan, dia punya kemampuan mencetak gol, dia akan memberikan banyak hal bagi kami," kata gelandang Barcelona, Pedri, kepada DAZN.

Baca juga : Bergabung dengan Barcelona, Vitor Roque Dapat Nomor Punggung 19

"Ia terus melepaskan diri, dan itu penting bagi gelandang."

Pada pertandingan selanjutnya, Atletico Madrid yang berada di posisi keempat akan menjamu Rayo Vallecano dalam derby, dengan tujuan untuk kembali unggul dalam peringkat atas Barcelona berdasarkan selisih gol. (AFP/Z-3)

Baca juga : Gol Larut Sergi Roberto Pastikan Barcelona Kalahkan Almeria

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat