visitaaponce.com

Vinicius Junior Jadi Duta UNESCO

Vinicius Junior Jadi Duta UNESCO
Penyerang Real Madrid Vinicius Junior(AFP/Pierre-Philippe MARCOU)

BADAN budaya PBB, UNESCO, Jumat (2/2), menunjuk pesepak bola Brasil Vinicius Junior sebagai duta pendidikan untuk semua.

Penyerang Real Madrid berusia 23 tahun itu mengatakan ditunjuk sebagai perwakilan UNESCO adalah sebuah kehormatan.

"Ini adalah sebuah prestasi dan tugas yang akan saya hargai sepanjang hidup saya," ujar Vinicius dalam sebuah acara di lokasi pemusatan latihan Real Madrid.

Baca juga : Hari Pendidikan Internasional 2024: Menyoroti Pendidikan untuk Perdamaian Abadi

"Tentu saja saya ingin dikenal sebagai pemain hebat. Namun, saya juga mau dikenal sebagai warga dunia yang membawa perubahan," lanjutnya.

Kepala UNESCO Audrey Azoulay mengatakan Vinicius dipilih bukan hanya karena merupakan pesepak bola yang hebat namun juga karena komitmennya memperjuangkan kesetaraan kesempatan di Brasil melalui pendidikan.

Vinicius, yang berulang kali menjadi sasaran serangan rasisme di Spanyol, telah menjadi pemimpin perlawanan terhadap rasisme di sepak bola.

Baca juga : Brasil Ajukan Protes Resmi ke Spanyol Terkait Pelecehan Rasisme terhadap Vinicius

Pada 2021, dia mendirikan Instituo Vini Jr untuk membantu anak dan remaja Brasil dari kawasan miskin untuk kembali ke sekolah.

Tahun lalu, Vinicius menduduki peringkat enam dalam voting Ballon d'Or dan memenangi penghargaan Socrates, yang diberi nama dari legenda sepak bola Brasil, atas kerja kemanusiaannya.

Vinicius didatangkan Real Madrid seharga 45 juta euro saat berusia remaja dari klub Brasil Flamengo. Dia dikontrak klub La Liga itu hingga 2027.

Baca juga : Vinicius: Warga Brasil Kini Pandang Spanyol Sebagai Negara Rasis

UNESCO memperkirakan 250 juta anak dan remaja tidak memiliki akses ke sekolah. Kesenjangan sosial menjadi salah satu alasan anak-anak itu putus sekolah. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat