visitaaponce.com

Barcelona Tundukan Alaves Meski Terjadi Kontroversi Kartu Merah untuk Roque

Barcelona Tundukan Alaves Meski Terjadi Kontroversi Kartu Merah untuk Roque
Barcelona berhasil meraih kemenangan 3-1 di markas Alaves dalam pertandingan La Liga pada Sabtu. (AFP)

BERCELONA meraih kemenangan 3-1 atas Alaves dalam pertandingan La Liga pada Sabtu, dengan remaja Brasil, Vitor Roque, mencetak gol dan kemudian diusir dari lapangan dalam penampilan yang penuh semangat sebagai pemain pengganti.

Juara bertahan yang berada di posisi ketiga, unggul melalui gol Robert Lewandowski di babak pertama dan menggandakan keunggulan ketika Ilkay Gundogan mencetak gol voli tidak lama setelah jeda.

Samu Omorodion mencetak gol untuk tuan rumah sebelum striker berusia 18 tahun, Roque, mencetak gol dan beberapa menit kemudian diusir dengan cara yang dianggap keras.

Baca juga : Barcelona Raih Kemenangan Tipis 1-0 atas Osasuna dalam Pergelutan Terakhir Xavi

Kemenangan Barcelona membantu mereka memangkas selisih poin dengan pemimpin klasemen, Real Madrid, menjadi tujuh poin sebelum Los Blancos menghadapi Atletico Madrid dalam pertemuan derbi pada hari Minggu.

Mereka telah memenangkan kedua pertandingan sejak Xavi mengumumkan akhir pekan lalu bahwa ia akan meninggalkan klub pada akhir musim.

"Ini tidak ada hubungannya dengan (kepergian Xavi)," kata bek Barcelona, Jules Kounde, kepada DAZN.

Baca juga : Barca dalam Tekanan Besar

"Tim tahu bahwa kita harus mengembalikan kekuatan kita tahun lalu, yaitu bertahan dengan baik dan bersaing.

"Seberapa pun banyak bakat yang ada di tim, kita bermain melawan tim berbakat juga yang memiliki jiwa - di stadion ini, kamu harus memiliki jiwa, dan hari ini kami memilikinya."

Xavi memilih Andreas Christensen di posisi gelandang bertahan untuk pertama kalinya dalam kariernya di Barcelona, dengan tim Catalunya masih belum menemukan pengganti yang handal untuk Sergio Busquets.

Baca juga : Xavi akan Tinggalkan Barcelona Akhir Musim Ini

Bek asal Denmark itu tampil solid dan menunjukkan kepada Xavi bahwa ia adalah pilihan untuk masa depan di posisi tersebut, di depan Oriol Romeu yang tidak dipilih.

Alaves, yang berada di peringkat ke-12, memulai pertandingan dengan cepat dan memberikan tekanan kepada para tamu di awal pertandingan, tetapi tidak dapat memanfaatkan tekanan tersebut.

Barcelona unggul ketika Lewandowski mencetak gol dengan umpan indah setelah serangan tim yang baik, dengan Gundogan mengirimkan umpan terobosan padanya.

Baca juga : Xavi Masih Optimistis Barcelona Bisa Pertahankan Gelar Juara La Liga

Gol itu menjadi gol pertama penyerang veteran tersebut di La Liga sejak Oktober, ketika ia mencetak gol dalam kekalahan 4-2 oleh Girona yang menjadi penantang gelar mengejutkan.

Barcelona mencetak gol lagi setelah jeda ketika Pedri memberikan umpan terukur ke arah Gundogan, yang berhasil menjaga voli terkendali di bawah mistar gawang.

Alaves segera membalas dengan Omorodion yang mencetak gol dengan sundulan kepala setelah lolos dari perhatian bek Barcelona, Ronald Araujo.

Baca juga : El Clasico: Barcelona Andalkan Pemain Muda saat Tantang Real Madrid

Kesalahan wasit lain

Tim Xavi tetap teguh dan meraih gol ketiga melalui Roque yang menjadi pemain pengganti dan tiba pada jendela transfer Januari dari klub Brasil, Athletico Paranaense.

Pemain sayap muda berusia 16 tahun, Lamine Yamal, berputar dengan baik untuk memulai serangan yang berakhir dengan Roque menyelesaikan dengan tenang dari umpan Hector Fort.

Penampilan Roque dari bangku cadangan berlangsung kurang dari 15 menit, setelah dia mendapatkan dua kartu kuning.

Baca juga : Xavi Akui Barcelona Bermain Buruk saat Kalah Lawan Rayo Vallecano

Kartu kuning kedua diberikan karena dugaan pelanggaran terhadap Rafa Marin yang tampaknya merupakan tantangan yang tidak berbahaya, tetapi tidak ada tinjauan video karena VAR tidak dapat meminta wasit untuk memeriksa insiden kartu kuning kedua.

Pelatih Barcelona, Xavi, mengatakan pada Jumat bahwa La Liga "sepenuhnya diubah" oleh rival Real Madrid karena kritik berat terhadap wasit yang disiarkan di saluran televisi klub.

Pelatih Madrid, Carlo Ancelotti, menolak kata-kata Xavi sebagai "tidak profesional," tetapi kartu merah untuk Roque hanya akan menambah bahan bakar kepada polemik tersebut.

Baca juga : Barcelona Dipaksa Bermain Imbang di Kandang Getafe

"Kami akan mengajukan banding karena jelas ini adalah kesalahan, ini adalah kesalahan lain dari wasit terhadap kami," kata Xavi kepada DAZN.

Kemudian pada hari Sabtu, Girona yang berada di posisi kedua dapat melampaui Madrid secara sementara jika mereka mengalahkan Real Sociedad di kandang.

Sebelumnya, Valencia meraih kemenangan 2-1 atas Almeria yang belum meraih kemenangan dan berada di posisi terbawah klasemen.

Baca juga : Xavi Sebut Kemenangan Barcelona Atas Real Madrid Sangat Penting

Granada, yang berada di peringkat ke-19, bermain imbang 1-1 dengan Las Palmas yang berada di posisi kesembilan dan berjarak lima poin dari zona degradasi, sementara Granada sudah memainkan satu pertandingan lebih banyak daripada tiga tim di atas mereka. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat