visitaaponce.com

Kemenangan Dramatis AFCON untuk Pantai Gading

Kemenangan Dramatis AFCON untuk Pantai Gading
Oumar Diakite menjadi pahlawan Pantai Gading melakukan penyelamatan luar biasa lainnya untuk mencapai semifinal Piala Afrika(AFP)

OUMAR Diakite menjadi pahlawan saat tuan rumah Pantai Gading melakukan penyelamatan luar biasa lainnya pada Sabtu untuk mencapai semifinal Piala Negara-Negara Afrika, dan Afrika Selatan kemudian bergabung dengan mereka.

Back-heel brilian oleh pemain pengganti tersebut pada waktu tambahan akhir di Bouake memberikan kemenangan 2-1 bagi Gajah-Gajah atas Mali, yang mendominasi sebagian besar perempat final dan mencetak gol pertama.

Pemain kelahiran Pantai Gading, Nene Dorgeles, membawa Mali unggul pada menit ke-71, meskipun tuan rumah hanya bermain dengan 10 pemain setelah Odilon Kossounou diusir keluar tepat sebelum babak pertama berakhir.

Baca juga : Heroik, Ronwen Williams Antar Afrika Selatan ke Semifinal AFCON Melalui Drama Penalti

Tetapi pemain pengganti Pantai Gading lainnya, Simon Adingra, menyamakan kedudukan pada menit ke-90 untuk membawa pertandingan yang penuh gairah ini ke waktu tambahan.

Ketika perempat final tampaknya akan diputuskan melalui adu penalti, Diakite melakukan back-heel pada tembakan rekannya melewati kiper Mali, Djigui Diarra.

Diakite, yang sebelumnya mendapatkan kartu kuning, melepas kemejanya saat merayakan, menyebabkan kartu kuning kedua dan diusir keluar.

Baca juga : Senegal Gagal Pertahankan Gelar Piala Afrika, Aliou Cisse Kecewa Berat

Kemenangan datang dengan harga yang tinggi karena akumulasi kartu kuning memastikan Diakite, Kossounou, kapten Serge Aurier, dan Christian Kouame absen dalam semifinal melawan Republik Demokratik Kongo pada hari Rabu.

"Setelah jenis pertandingan seperti ini, tidak ada hal nyata yang bisa dijelaskan, ini hanya emosi," kata Diakite, yang bermain untuk tim Liga 1 Prancis, Reims.

"Kebahagiaan saya begitu besar sehingga saya lupa bahwa saya mendapat kartu kuning. Itu adalah kesalahan dari pihak saya. Meskipun saya tidak ada di sana, kita bisa melakukannya (mencapai final).

Baca juga : Mali dan Gambia Harus Puas Berbagi Poin

"Dengan gol ini, saya pikir saya memberikan kebahagiaan bagi setiap penggemar Pantai Gading di stadion ini. Tidak ada kata-kata yang bisa menggambarkan perasaan saya sekarang, tapi saya bahagia.

"Kami tahu ini akan menjadi pertandingan yang sulit, tapi kami membuatnya sulit untuk diri kami sendiri. Mentalitas kami memainkan peran kunci dalam kemenangan ini.

Afrika Selatan Bergabung di Semifinal dengan Adu Penalti Berkesan

Baca juga : Barcelona Tundukan Alaves Meski Terjadi Kontroversi Kartu Merah untuk Roque

Sementara itu, kiper Afrika Selatan, Ronwen Williams, menyelamatkan empat penalti dalam adu penalti saat negaranya mengalahkan Cape Verde 2-1 melalui adu penalti setelah bermain imbang 0-0 dalam waktu tambahan di Yamoussoukro.

Hanya Bryan Teixeira dari Cape Verde yang berhasil mencetak gol dari titik putih, sementara Teboho Mokoena dan Mothobi Mvala mencetak gol untuk Afrika Selatan.

Afrika Selatan kembali ke semifinal untuk pertama kalinya sejak tahun 2000, ketika mereka kalah dari tuan rumah bersama Nigeria. Mereka akan menghadapi Nigeria di Bouake pada hari Rabu.

Baca juga : Osimhen tidak Peduli belum Cetak Gol Lagi di Piala Afrika

Cape Verde bisa saja memenangkan pertandingan pada waktu tambahan akhir di akhir waktu normal ketika Gilson Tavares melewati pertahanan, tetapi Williams menepis tembakannya ke mistar gawang.

Pada hari Jumat, Nigeria menang tipis 1-0 melawan Angola melalui gol Ademola Lookman, dan Republik Demokratik Kongo bangkit dari ketertinggalan untuk mengalahkan Guinea 3-1 dengan gol Arthur Masuaku dari tendangan bebas mengamankan kemenangan.

Nigeria, Pantai Gading, dan Republik Demokratik Kongo masing-masing sudah dua kali menjadi juara AFCON, sementara Afrika Selatan meraih satu gelar. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat