visitaaponce.com

Jim Ratcliffe Resmi Akusisi 25 Persen Saham Manchester United

Jim Ratcliffe Resmi Akusisi 25 Persen Saham Manchester United
Pemilik saham minoritas Manchester United Jim Ratcliffe(AFP/Valery HACHE)

JIM Ratcliffe telah resmi mengakuisisi 25% saham Manchester United (MU), yang menjadinya salah satu pemilik klub Liga Primer Inggris tersebut.

Ratcliffe menyetujui kesepakatan senilai 1,3 miliar pound sterling (sekitar Rp25,7 triliun) dengan keluarga Glazer (pemilik saham mayoritas MU) untuk mengakuisisi saham minoritas dengan syarat mendapatkan kendali operasional Setan Merah.

Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) dan otoritas Liga Primer Inggris meratifikasi kesepakatan tersebut pekan lalu dan transaksi tersebut kini telah diselesaikan.

Baca juga : Otoritas Liga Inggris Setujui Investasi Jim Ratcliffe di Manchester United

"Menjadi salah satu pemilik Manchester United adalah suatu kehormatan besar dan disertai dengan tanggung jawab besar," kata Ratcliffe dalam sebuah pernyataan, dikutip The Guardian, Rabu (21/2).

Ratcliffe, rencananya, akan menambah sekitar 158,47 juta pound sterling untuk membuat kepemilikan sahamnya jadi 27,7%. 

Direncanakan, pada 31 Desember, Ratcliffe sudah menguasai 28,9% saham MU dengan tambahan investasi sekitar 79,2 juta pound sterling.

Baca juga : Jadi Incaran Manchester United, Dan Ashworth Tinggalkan Newcastle United

"Ini menandai selesainya transaksi, tetapi hanyalah awal dari perjalanan kami untuk membawa Manchester United kembali ke puncak sepak bola Inggris, Eropa, dan dunia, dengan fasilitas kelas dunia untuk para penggemar kami. Upaya untuk mencapai tujuan tersebut akan dipercepat mulai hari ini," lanjut Ratcliffe.

Ratcliffe merupakan pemilik INEOS, yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kimia. Ia juga mengaku sebagai fans MU sejak kecil.

Selain MU, Ratcliffe merupakan pemilik sejumlah klub olahraga, seperti tim Formula 1 Mercedes, klub Ligue 1 Nice, dan klub Swiss Lausanne Sport.

Baca juga : Erik Ten Hag Berharap Direktur Olahraga Manchester United Sejalan dengan Dirinya

Joel Glazer, salah satu ketua eksekutif MU, menyambut kedatangan Ratcliffe sebagai salah satu pemilik klub berjuluk Setan Merah tersebut.

"Saya ingin menyambut Sir Jim sebagai salah satu pemilik dan berharap dapat bekerja sama dengannya serta INEOS Sport untuk mewujudkan masa depan cerah bagi Manchester United," ujar Joel Glazer.

Ratcliffe dan Sir Dave Brailsford, direktur divisi olahraga Ineos, telah berupaya merombak operasional sepak bola Manchester United.

Baca juga : Ten Hag Klaim Jalin Pembicaraan Positif dengan Ratcliffe

Mereka telah mendatangkan Omar Berrada dari Manchester City sebagai kepala eksekutif, dan dilaporkan akan mempekerjakan Dan Ashworth dari Newcastle United sebagai direktur olahraga.

Pelatih MU Erik ten Hag menegaskan dia 'sangat selaras' dengan Ratcliffe, tetapi dapat dipastikan nasibnya belum aman mengingat posisi MU saat ini di Liga Primer Inggris.

Setan Merah, saat ini, berada di urutan keenam klaemen sementara, tertinggal lima poin dari Aston Villa yang berada di posisi keempat.

Baca juga : Miliarder Inggris Setuju Membeli 25 persen Saham MU

Pertandingan pertama United di bawah kepemilikan baru klub adalah melawan Fulham di Old Trafford pada Sabtu (24/2). (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat