visitaaponce.com

Arsenal vs Brentford, Arsenal ke Puncak Klasemen usai Havertz Selamatkan Ramsdale dari Blunder

Arsenal vs Brentford, Arsenal ke Puncak Klasemen usai Havertz Selamatkan Ramsdale dari Blunder
Arsenal meraih posisi puncak klasemen Liga Primer secara dramatis ketika Kai Havertz menyelamatkan Aaron Ramsdale dari blunder(AFP)

ARSENAL melaju ke puncak klasemen Premier League dengan cara dramatis saat Kai Havertz menyelamatkan malu Aaron Ramsdale, dengan tendangan krusial di menit akhir pada kemenangan 2-1 melawan Brentford, Sabtu.

Tim Mikel Arteta hanya beberapa menit dari hasil imbang yang merugikan setelah kiper Arsenal, Ramsdale, memberikan hadiah penyama gol kepada Yoane Wissa.

Declan Rice membawa Arsenal unggul di awal babak pertama, tetapi Ramsdale menunggu terlalu lama untuk membersihkan bola tepat sebelum jeda dan Wissa memanfaatkannya untuk memblokir bola ke gawang.

Baca juga : Buka Puasa Gol yang Penuh Arti bagi Kai Havertz

Havertz memastikan Arsenal tidak melewatkan kesempatan untuk naik ke posisi pertama dengan sundulan keras empat menit sebelum peluit akhir di Stadion Emirates yang penuh kegembiraan.

Kemenangan kedelapan berturut-turut Arsenal dalam liga mengangkat mereka satu poin di atas pemimpin sebelumnya, Liverpool.

Arsenal akan tetap menjadi pemimpin klasemen, jika Liverpool di posisi kedua dan Manchester City di posisi ketiga bermain imbang dalam pertandingan besar mereka di Anfield pada Minggu.

Baca juga : Arsenal Ambil Alih Posisi Puncak dari Manchester City

"Besok akan menjadi hari yang hebat untuk menonton pertandingan sepakbola yang fantastis. Ini tidak ada di tangan saya," kata Arteta.

"Senang menjadi bagian dari liga ini dan senang menjadi bagian dari sesuatu yang istimewa yang sedang kami usahakan."

Gol kesembilan Havertz sejak kepindahannya dari Chelsea menunjukkan kelapangan Arsenal untuk memperbaiki kesalahan mereka dalam perebutan gelar musim lalu.

Baca juga : Klasemen Liga Inggris: Persaingan Liverpool, City, Arsenal, Makin Ketat

"Kami menunjukkan keberanian dan kami mendapat imbalan," kata Arteta. "Itu adalah hal indah tentang stadion ini. Mereka mendukung (setelah) kesalahan."

Pada Selasa, Arsenal akan mencoba membalikkan ketertinggalan 1-0 melawan Porto dalam leg kedua babak 16 besar Liga Champions, sementara pertandingan Liga Primer berikutnya adalah melawan Manchester City pada 31 Maret.

Diperbaharui oleh pemusatan latihan di Dubai pada Januari, Arsenal telah mencetak 33 gol dan hanya kebobolan empat gol selama rentetan kemenangan mereka yang mengesankan.

Baca juga : Tidak Terbendung, Arsenal Pesta Gol ke Gawang Burnley

Kemenangan telak 6-0 atas Sheffield United pada Senin mempertahankan momentum kuat Arsenal, dan mereka segera menyerang Brentford.

Memonopoli posisi dalam gaya metronomis, Arsenal mendorong Brentford semakin dalam sebelum akhirnya unggul pada menit ke-19.

Ben White mengirim umpan silang yang sempurna dari kanan dan Rice melonjak paling tinggi untuk memasukkan bola dengan sundulan keras dari jarak 10 yard.

Baca juga : Hattrick Phil Foden Antar City Tekuk Brentford

Gelandang bekas West Ham itu mencetak gol keenamnya dalam musim impresifnya bersama Arsenal.

Kesalahan Kiper

Tembakan jarak jauh Leandro Trossard dengan baik ditangkap oleh Flekken, tetapi Arsenal begitu dominan sehingga sepertinya hanya masalah waktu sampai mereka mencetak gol lagi.

Namun, kesalahan Ramsdale membuat Emirates terdiam pada injury time babak pertama.

Baca juga : Jadi Incaran Arsenal, Toney Mengaku Berutang Budi pada Brentford

Umpan balik Gabriel seharusnya diatasi oleh kiper Arsenal, tetapi dia terlalu lama membersihkan di dalam kotak enam yardnya, memungkinkan Wissa mendekat dan melakukan blok slide yang mengarahkan bola ke gawang.

Ramsdale terlihat putus asa saat dia mengambil bola dan beberapa rekan setim memberikan dukungan kepadanya ketika dia berjalan menuju lorong pada akhir babak pertama.

Ramsdale membuat start pertamanya dalam liga sejak pertemuan terakhir Arsenal dengan Brentford pada 25 November karena kiper pilihan pertama Arsenal, David Raya, tidak memenuhi syarat untuk menghadapi mantan klubnya.

Baca juga : Havertz Berharap Penampilan Apiknya di Arsenal Berlanjut

Pemain internasional Inggris itu diapresiasi oleh pendukung Arsenal ketika dia muncul kembali untuk babak kedua.

Ramsdale sebagian menebus dirinya dengan penyelamatan hebat untuk menghalau usaha berani Ivan Toney yang menuju ke sudut atas dari jarak 30 yard.

Saat ketegangan meningkat, Ramsdale membuat penyelamatan bagus lainnya untuk menggagalkan sundulan dekat Collins.

Baca juga : Jadwal Lengkap Manchester United 2023-2024

Rice hanya berjarak sedikit dari mengembalikan keunggulan Arsenal dengan tendangan melengkung yang mengenai mistar dari tepi area.

Dengan waktu yang hampir habis, Havertz mencetak gol pada menit ke-86.

Dia menemukan ruang di dalam kotak enam yard untuk menyambut umpan silang White dengan sundulan keras yang memicu perayaan liar dari Arteta di pinggir lapangan saat mimpi gelar Arsenal tetap hidup. (AFP/Z-3)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat