visitaaponce.com

Athletic Bilbao vs Real Mallorca, Athletic Bilbao Menangkan Copa del Rey dengan Adu Penalti

Athletic Bilbao vs Real Mallorca, Athletic Bilbao Menangkan Copa del Rey dengan Adu Penalti
Athletic Bilbao mengakhiri penantian 40 tahun untuk memenangkan Copa del Rey setelah mengalahkan Real Mallorca 4-2 melalui adu penalti. (AFP)

ATHLETIC Bilbao mengakhiri penantian 40 tahun untuk memenangkan Copa del Rey dengan mengalahkan Real Mallorca 4-2 melalui adu penalti pada hari Sabtu setelah bermain imbang 1-1 pada waktu tambahan.

Sisi Basque tersebut mengangkat trofi untuk kali ke-24, hanya berada di belakang Barcelona yang telah memenangkannya 31 kali, karena mereka mengalahkan Mallorca di stadion La Cartuja di Seville.

Dani Rodriguez membawa Mallorca unggul di babak pertama, tetapi Oihan Sancet segera menyamakan kedudukan setelah istirahat. Kedua tim tidak dapat dipisahkan hingga adu penalti.

Baca juga : Athletic Bilbao dan Atletico Madrid Kompak Kecam Aksi Pelemparan Kembang Api

Penjaga gawang Athletic, Julen Agirrezabala, menyelamatkan penalti Manu Morlanes dan Nemanja Radonjic dari Mallorca melemparkan tendangan penalti lainnya melewati mistar gawang, dengan Athletic berhasil mengkonversi keempat penalti mereka untuk meraih kemenangan.

Alex Berenguer mencetak gol penalti kemenangan untuk memicu perayaan liar di antara kerumunan pendukung Basque yang bepergian.

Athletic, yang dilatih oleh Ernesto Valverde, yang kalah dalam enam penampilan final sebelumnya, mengakhiri era hampir menang dengan kemenangan yang sulit.

Baca juga : Neraka Mestala Menguji El Real

Setelah mengalahkan Barcelona dan Atletico Madrid menuju final, Los Leones berhasil mengamankan trofi besar pertama klub sejak double domestic liga dan piala pada tahun 1984.

Mallorca, juara tahun 2003, memulai pertandingan lebih kuat dan usaha jarak jauh Vedat Muriqi hampir masuk, tetapi digagalkan oleh Agirrezabala.

Di final untuk keempat kalinya, Mallorca memimpin setelah 21 menit melalui gol Rodriguez.

Baca juga : Hajar Atletico Madrid, Athletic Bilbao Melaju ke Final Copa del Rey

Ketika Los Leones menciptakan peluang, itu datang dari Nico Williams yang luar biasa di sisi kiri, dan dia mencetak gol setelah 39 menit tetapi offside.

Agirrezabala menggagalkan Cyle Larin pada awal babak kedua sebelum Athletic menemukan penyama kedudukan.

Nico Williams lagi-lagi menjadi kunci, melepaskan umpan ke kotak penalti untuk Sancet mencetak gol melampaui kiper Mallorca, Dominik Greif.

Baca juga : Bilbao Kalahkan Atletico di Leg Pertama Semifinal Copa del Rey

Serangan balik dari Nico Williams hampir membantu Basque unggul tetapi sepakannya melalui kaki saudaranya, Inaki Williams.

Di akhir laga, Agirrezabala berhasil menggagalkan sundulan Muriqi dan Guruzeta, tetapi kedua tim tidak dapat dipisahkan hingga waktu tambahan.

Nico Williams hampir mencetak gol dari jarak dekat tetapi tendangannya dibelokkan oleh Maffeo setelah 111 menit.

Di sisi lain, Agirrezabala berhasil menggagalkan sundulan Muriqi, dengan striker Kosovo itu membawa perban besar setelah benturan kepala dengan Unai Gomez.

Adu penalti menjadi pahit bagi Muriqi, yang berhasil menjalankan penaltinya tetapi rekannya tidak berhasil mengikuti jejaknya. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat