visitaaponce.com

Lima Tujuan Baik UU Pasar Digital Uni Eropa

Lima Tujuan Baik UU Pasar Digital Uni Eropa
Logo sejumlah Big Tech.(AFP.)

ANGGOTA parlemen dan pejabat Uni Eropa telah menyetujui poin utama dari undang-undang penting, yang dikenal sebagai Digital Markets Act (DMA). Aturan ini bertujuan melonggarkan cengkeraman yang dipegang oleh Big Tech pada kehidupan online.

Berikut lima aturan yang termasuk dalam undang-undang yang akan memaksa perusahaan seperti Google, Apple, Meta, dan Amazon untuk mengubah cara mereka.

Selamatkan start-up

Perusahaan teknologi besar menghasilkan keuntungan miliaran dolar AS setiap tahun. Sebagian dari rezeki nomplok itu digunakan untuk meraup perusahaan rintisan (start-up) dan inovator.

Baca juga: Uni Eropa Setujui Undang-Undang Kekang Perusahaan Besar Teknologi

Ini membuat marah pihak berwenang yang menuduh para raksasa menggunakan peti mereka untuk menghabisi saingan potensial sebelum mereka menjadi ancaman. Di bawah aturan baru, semua pembelian, tidak peduli seberapa kecil, harus diberitahukan kepada Komisi Eropa, badan eksekutif UE yang berbasis di Brussels.

Penyatuan pesan 

Setelah beberapa skandal yang melanda Facebook milik Meta, banyak pengguna memilih untuk menukar layanan pesan Messenger atau WhatsApp dengan alternatif, seperti Signal atau Telegram. Namun kekuatan pasar layanan Meta tetap kuat, sehingga sulit bagi para pembangkang WhatsApp untuk menjaga tautan perpesanan dengan keluarga dan teman.

Untuk mengatasi ini, DMA memaksakan interoperabilitas antara aplikasi perpesanan. Aturan ini sambil menuntut komunikasi tetap terenkripsi dari pengguna ke pengguna.

Belanja adil 

Amazon ialah platform belanja utama bagi ribuan perusahaan untuk menjual barang dagangan mereka secara online. Namun kecurigaan tersebar luas bahwa raksasa online menyalahgunakan perannya sebagai pasar untuk lebih memosisikan produknya sendiri sebagai pengecer.

Baca juga: Aturan Pasar Digital UE Bebankan Big Tech Banyak Kewajiban

DMA akan melarang konflik kepentingan ini. Ia meminta penjaga gerbang berbagi informasi penting dengan pelanggan bisnis.

Buka App Store 

Di seluruh dunia, Apple dengan keras mempertahankan kesucian App Store-nya. Ia melarang perusahaan menggunakan sistem pembayaran mereka sendiri atau mengunduh di luar Apple toko.

Meskipun ada peringatan bahwa membuka iPhone akan menimbulkan ancaman keamanan, DMA akan memaksa Apple untuk mengizinkan perangkat lunak diunduh dan pembayaran dilakukan di luar tokonya. Kegagalan untuk mematuhi itu dapat membawa denda dalam miliaran dolar AS. Ini cukup besar bahkan untuk perusahaan terbesar di dunia berdasarkan nilai pasar untuk diperhatikan.

Setiap platform gatekeeper yang mengunci pelanggan untuk menggunakan layanan prainstal, seperti browser web, pemetaan atau informasi cuaca, juga akan menghadapi denda.

Transparansi iklan 

Mesin pencari Google serta Facebook dan Instagram milik Meta ialah pengiklan online terbesar di dunia. Status ini, menurut para kritikus, disalahgunakan oleh perusahaan dengan mengumpulkan data berharga tentang pelanggan dan menjaga itu untuk diri mereka sendiri.

Baca juga: Denda Besar bagi Big Tech yang Langgar UU Pasar Digital

DMA akan memaksa raksasa teknologi untuk mengungkapkan lebih banyak kepada pengiklan dan penerbit tentang cara kerja iklan mereka dan efektivitas iklan yang sebenarnya. Ini akan membuat perusahaan kurang terikat pada Google atau Facebook dalam memahami pelanggan mereka dan berpotensi mendorong perusahaan untuk menyampaikan pesan mereka dengan cara baru. (AFP/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat