visitaaponce.com

Tingkatkan Performa Bisnis dengan Pemanfaatan Internet of Things IoT

Tingkatkan Performa Bisnis dengan Pemanfaatan Internet of Things (IoT)
Perangkat IoT banyak digunakan di skala rumah tangga hingga industri. Pasalnya, IoT memang memberi banyak manfaat.(Ist)

SELAMA beberapa tahun terakhir, Internet of Things (IoT) menjadi salah satu teknologi semakin banyak digunakan.

IoT mencakup benda atau objek yang dilengkapi teknologi-teknologi seperti sensor dan software agar bisa berhubungan atau bertukar data dengan perangkat serta sistem lain melalui jaringan internet.

Saat ini, perangkat IoT banyak digunakan di skala rumah tangga hingga industri. Pasalnya, IoT memang memberi banyak manfaat.

Baca juga : Pemanfaatan Internet of Things (IoT) Tingkatkan Performa Bisnis

Tak mengherankan, perkembangan IoT pun semakin pesat. Di Indonesia, salah satu pihak provider IoT adalah PT Menn Teknologi Indonesia (MENN) yang hadir dengan tujuan memberikan solusi digital bagi bisnis industri agar menjadi lebih optimal. 

Chief Executive Officer (CEO) PT Menn Teknologi Indonesia, Michael H Mulyanto, BSc., MBA, menjelaskan, IoT dari MENN menggabungkan komponen terbaik di kelasnya guna memberikan solusi kelas dunia bagi bisnis industri. Generasi terbaru IoT ini memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi. 

“MENN selalu mengedepankan produk dengan atribut terbaik dimana IoT generasi terbaru ini merupakan terobosan paling mutakhir. Mulai dari kesederhanaan proses operasional, fleksibilitas, hingga kelancaran akses saat digunakan di berbagai jaringan internet," kata Michael dalam keterangan pers, Selasa (14/2).

Baca juga : Quipster, Solusi Berbasis IOT untuk Digitalisasi Rantai Pasok Industri Konstruksi 

"Software yang MENN berikan juga sangat komplet yaitu kemudahan aktivasi, layanan pemeliharaan yang lengkap, diagnosis data, pelaporan, serta hasil analisis dan tagihan,” papar Michael yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang teknologi informasi, telekomunikasi, dan industri penyiaran.

Lebih lanjut ia merinci manfaat Mennconnect, sistem layanan IoT yang disediakan MENN bagi bisnis industri.

Dengan Mennconnect pekerjaan termonitor secara real time sehingga mampu mengantisipasi pembengkakan biaya serta kemudahan dalam proses penagihan.

Baca juga : Good Doctor dan iziklaim Kolaborasi Maksimalkan Rawat Jalan Peserta Asuransi

Mennconnect mampu memberikan data yang lengkap untuk meningkatkan efisiensi. “Mendapatkan info penggunaan terbanyak (trending), mengidentifikasi pelanggan yang memberikan keuntungan terbanyak, mengetahui segala penyebab pembengkakan biaya dan menginformasikan jika semua proses berjalan sesuai rencana,” ujar Michael mencontohkan.

Mennconnect juga meningkatkan kualitas pelayanan, memiliki sistem deteksi otomatis, diagnosis data yang detail dan sistem pelaporan aktual terhadap berbagai kerusakan atau gangguan lainnya.

"Manfaat lain yang juga amat penting ialah membantu meningkatkan transparansi data, diagnosis data yang detail dan terintegrasi, serta meningkatkan sistem security pelaporan," jelasnya. 

Baca juga : Platform Bunker Tawarkan Cara Tingkatkan Visibilitas Keuangan Perusahaan

“Jadi, dengan terobosan digital dari MENN, bisnis akan menjadi lebih efisien, produktif serta membantu meningkatkan efektifitas bisnis proses dan transparansi data," kata Michael.

"Dengan IoT, segala data terkait teknis operasional dan biaya-biaya yang dikeluarkan terdeteksi secara otomatis dan akan langsung tercatat pada dashboard Mennconnect," terangnya.

"Dengan demikian kemungkinan terjadinya kecurangan menjadi kecil karena semua detail menjadi transparan,” imbuh Michael yang mengenyam pendidikan tinggi di jurusan teknik Mesin di University of Toronto, Kanada dan meraih gelar MBA dari San Francisco State University.

Baca juga : Aplikasi ICDC, Layanan Berbasis Digital di Sektor Industri Alat Berat

Terlebih lagi, lanjut Michael, Mennconnect menggunakan Amazon Web Service, yang merupakan platform cloud computing paling komprehensif di dunia.

Perlu diketahui, Amazon memiliki lebih dari 200 layanan unggulan yang tersebar luas dan dipakai oleh banyak perusahaan di seluruh dunia.

Dengan sejumlah keunggulan layanannya, selama 9 tahun sejak berdiri di 2014, MENN sudah dipercaya oleh lebih dari 100 perusahaan dari Sabang sampai Merauke, mulai dari UKM hingga perusahan-perusahaan besar di Indonesia.

Baca juga : Perusahaan Logistik SPIL Miliki Metode Pembayaran Digital Pay Later

Dengan menyasar model bisnis B2B, MENN telah bekerja sama dan menjadi solusi bagi berbagai macam sektor industri di Indonesia seperti perbankan, asuransi, transportasi, suplai makanan dan minuman, leasing, residensi, kesehatan, keamanan, konstruksi, pertanian, logistik rantai dingin, minyak dan gas, peternakan, dan logistik.

Ke depan, lanjut Michael, MENN akan terus mengembangkan layanannya antara lain, dengan meluncurkan aplikasi Accounting Online, aplikasi Transport Management, serta integrasi antara Ambulance ER Medical Software dan Smart City. (RO/OL-09)

Baca juga : Pakar Teknik Industri Khawatirkan Nasib Buruh di Era Transformasi Digital

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat