visitaaponce.com

Inovatif, Rumah Budidaya Walet Ini Gunakan Teknologi Kecerdasan Buatan

Inovatif, Rumah Budidaya Walet Ini Gunakan Teknologi Kecerdasan Buatan
Sarang burung walet yang dilengkapi teknologi kecerdasan buatan (AI)(Dok. Esta Indonesia)

PT Esta Indonesia, salah satu eksportir sarang burung walet di indonesia mengembangkan berbagai teknologi terapan bersama CV Nore INOVASI untuk meningkatkan kualitas produksi sarang burung walet dari hulu hingga ke hilir.

Director Research & Manufacturing Development PT Esta Indonesia Dian Rochyati mengatakan sebelumnya pihaknya berhasil mengembangkan teknologi dalam memproses sarang burung walet tanpa melibatkan bahan kimia dan ramah lingkungan, tetapi tetap menghasilkan produk yang berkualitas tinggi sesuai dengan standar pengolahan bahan pangan internasional. 

Kali ini, Esta Indonesia membangun Rumah Budidaya Walet Smart menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) untuk menjaga kualitas dan produktifitas.

Baca juga : Pengertian Revolusi Industri, Sejarah, hingga Perkembangannya

“Rumah Budidaya Walet Smart kami menggunakan berbagai teknologi untuk menjaga rumah budidaya tetap ideal bagi berkembangnya burung walet, dari mulai suhu udara,tingkat kelembaban, pencahayan, dan faktor-faktor lainnya. Dan dengan menggunakan sensor yang kami gabungkan dengan sistem AI, kami juga dapat menghitung jumlah populasi dan hasil petik yang mana semua teknologi di dalam rumah smart walet dapat dikontrol secara online," kata Dian, melalui keterangannya, Sabtu (20/5).

Ia mengatakan dengan menggunakan sensor yang digabungkan dengan sistem AI dapat memantau dan mengontrol rumah walet secara otomatis dan realtime di rumah walet yang lokasinya tersebar di berbagai daerah. 

Baca juga : ChatGPT Mampu Jawab Soal Ujian Radiologi yang Butuh Pemikiran Tingkat Tinggi

"Kami juga memastikan rumah budidaya walet smart ini juga ramah lingkungan. Selain penanaman tumbuhan yang dapat mendukung ketersediaan pakan alami walet,kami juga mengembangkan speaker walet desibel rendah dengan frekwensi khusus yang efektif dan tidak menghasilkan polusi suara yang kerap menjadi masalah dan keluhan terhadap rumah-rumah budidaya walet konvensional yang ada saat ini," imbuhnya.

Rumah Budidaya Walet Smart dibangun di Desa Donggulu, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah dan akan menjadi pilot project yang akan diterapkan di berbagai daerah. PT Esta Indonesia menargetkan untuk mengaplikasikan teknologi Rumah Budidaya Walet Smart di 30 lokasi di berbagai daerah pada tahun 2023. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat