visitaaponce.com

Empat Jam Rilis, Aplikasi Threads Dibanjiri Lima Juta Pendaftar

Empat Jam Rilis, Aplikasi Threads Dibanjiri Lima Juta Pendaftar
Logo Twitter dan Threads yang saat ini semakin bersaing.(AFP)

CEO Meta, Mark Zuckerberg mengatakan aplikasi Threads yang baru saja diluncurkan untuk menyaingi Twitter telah kebanjiran pendaftar. Threads merupakan platform yang memungkinkan pengguna untuk mengirim teks hingga 500 karakter dan memiliki banyak fitur yang mirip dengan Twitter yang saat ini dipimpin Elon Musk.

Dilansir dari BBC, Threads mendapatkan lima juta pendaftaran dalam empat jam setelah dirilis. Zuckerberg mengaku tidak menutup kemungkinan Threads akan menjadi aplikasi yang lebih besar dari Twitter.

"Ini akan memakan waktu, tetapi saya pikir harus ada aplikasi percakapan publik dengan 1 miliar+ orang di dalamnya. Twitter telah memiliki kesempatan untuk melakukan hal ini namun belum berhasil. Mudah-mudahan kami bisa melakukannya," kata Zuckerberg, dilansir dari BBC, Kamis (6/7).

Baca juga: Hari Ini Meta Luncurkan Threads untuk Saingi Twitter. Apa Kelebihannya?

Sebelumnya, muncul kritik terhadap Threads karena jumlah data yang mungkin digunakan oleh aplikasi ini, seperti data kesehatan, keuangan, dan penelusuran yang terkait dengan identitas pengguna. Namun, hal tersebut tak membuat pengguna baru mengunduh Threads.

Saat ini Threads tersedia untuk diunduh di lebih dari 100 negara termasuk Indonesia. Akan tetapi, belum tersedia di Uni Eropa karena masalah regulasi.

Meta menyebut Threads sebagai "versi awal" dengan fitur-fitur tambahan, termasuk kemampuan untuk berinteraksi dengan orang-orang di aplikasi media sosial lainnya seperti Mastodon.

"Visi kami dengan Threads adalah untuk mengambil apa yang terbaik dari Instagram dan mengembangkannya ke teks," kata perusahaan tersebut sebelum peluncurannya.

Baca juga: Meta Siap Lawan Twitter dengan Aplikasi Threads

Meskipun Threads merupakan aplikasi mandiri, pengguna bisa masuk menggunakan akun Instagram. Nama pengguna Instagram mereka tetap digunakan, tetapi ada opsi untuk menyesuaikan profil mereka secara khusus untuk Threads.

Pengguna juga dapat memilih untuk mengikuti akun yang sama dengan yang mereka ikuti di Instagram. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menjadi pribadi di Instagram, tetapi publik di Threads.

Cara Kerja Threads

Di Threads, postingan dapat dibagikan ke Instagram dan sebaliknya, dan dapat menyertakan tautan, foto, dan video berdurasi hingga lima menit. Namun, beberapa pengguna awal melaporkan masalah saat mengunggah gambar yang mengisyaratkan adanya masalah.

Pengguna melihat umpan posting, yang disebut Meta sebagai "utas" dari orang-orang yang mereka ikuti serta konten yang direkomendasikan.

Mereka dapat mengontrol siapa saja yang dapat "menyebut" atau mention mereka dan menyaring balasan pada postingan yang mengandung kata-kata tertentu.

Berhenti mengikuti, memblokir, membatasi, atau melaporkan profil lain juga dimungkinkan. Lalu, setiap akun yang diblokir pengguna di Instagram secara otomatis diblokir di Threads.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat