visitaaponce.com

X Pungut Biaya dari Pengguna Baru di Selandia Baru dan Filipina

X Pungut Biaya dari Pengguna Baru di Selandia Baru dan Filipina
Bos X-Twitter, Elon Musk.(AFP)

MEDIA sosial X yang sebelumnya bernama Twitter mulai membebankan biaya kepada pengguna baru di Selandia Baru dan Filipina sebesar $1 atau Rp15 ribu per tahun untuk mengakses fitur-fitur utama sebagai bagian dari uji coba. Fitur-fitur tersebut termasuk kemampuan untuk men-tweet, me-retweet, menyukai postingan, dan membalas postingan.

Bagi pengguna yang tidak mau membayar biaya berlangganan hanya dapat membaca postingan, menonton video, dan mengikuti akun. Pengguna baru juga akan diminta untuk memverifikasi nomor telepon mereka.

Bulan lalu, bos X, Elon Musk mengatakan semua pengguna X mungkin harus membayar untuk mendapatkan akses. Pihak X mengatakan biaya berlangganan tahunan ini bertujuan untuk mengurangi spam, manipulasi platform dan aktivitas bot.

Baca juga: Biden Berkampanye di Truth Social

Dilansir dari BBC, langkah X ini disebut sebagai upaya meningkatkan pendapatan. Sejak Musk membeli Twitter senilai $44 miliar tahun lalu, Twitter terus mengalami penurunan pendapatan.

Meskipun ada kepentingan finansial yang jelas bagi perusahaan untuk menagih pengguna, Musk mengatakan bahwa membuat orang membayar untuk layanan ini bertujuan untuk mengatasi bot.

Baca juga: Australia Denda X karena Konten Pelcehan Anak

Namun, langkah X ini bukan tanpa risiko. Salah satu risikonya platform ini mungkin kehilangan sebagian besar penggunanya yang berimbas pula pada menurunnya pendapatan iklan.

Selain masalah penurunan pendapatan, X juga didera sejumlah masalah. Dalam beberapa minggu terakhir, X telah diselidiki oleh Uni Eropa atas kemungkinan penyebaran konten teroris dan kekerasan serta ujaran kebencian, setelah serangan Hamas ke Israel.

Perusahaan ini juga telah didenda oleh pengawas keamanan internet Australia karena gagal bekerja sama dengan penyelidikan terhadap praktik pelecehan anak.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat