visitaaponce.com

Siap Saingi XTwitter, Bluesky Catat Capaian 1 Juta Pengguna

Siap Saingi X/Twitter, Bluesky Catat Capaian 1 Juta Pengguna
Aplikasi Bluesky(MI)

SALAH satu platform pesaing X/Twitter, Bluesky, mencatatkan sebuah pencapaian besar pada Selasa (12/9) kemarin. Dilansir dari TechCrunch, Rose Wang, yang bekerja di bagian strategi dan operasional Bluesky, membagikan tangkapan layar 1 juta pengguna Bluesky di X.

Diketahui, Bluesky hanya memberikan akses ke aplikasi melalui daftar tunggu dan undangan dari pengguna yang sudah ada, dengan maksud menjaga populasi platform guna menciptakan kenyamanan terhadap pengguna.

TechCrunch melaporkan Bluesky telah melewati 1 juta pemasangan aplikasi di Juli, tetapi aplikasi ini belum mencapai angka 1 juta pengguna waktu itu. Wang menjelaskan memang lebih banyak orang yang mengunduh aplikasi ini daripada yang memiliki kode undangan untuk masuk ke dalamnya. Pencapaian baru Bluesky ini berarti 1 juta orang benar-benar membuat akun, bukan hanya mengunduh aplikasi.

Baca juga: X Akan Hadirkan Fitur Panggilan Suara dan Video

Platform Bluesky sempat diperbincangkan di internet sebagai platform media sosial yang bisa menggantikan Twitter setelah berubah menjadi X. Bluesky ini masih dalam versi beta dan hanya dapat diakses setelah mendapat undangan atau kode akses.

Bluesky memiliki banyak kemiripan dengan Twitter. Platform ini memungkinkan pengguna untuk memposting teks dan gambar ke feed, mengikuti pengguna lain, dan memposting ulang (mirip dengan retweet). Tampilan dan nuansanya hampir sama dengan Twitter, dan feed pengguna sudah dipenuhi dengan meme dan lelucon. 

Baca juga: Trafik ChatGPT Menurun, Ini Alasannya

Adapun sedikit perbedaan adalah aplikasi ini diorganisir di sekitar sistem yang terdesentralisasi. Ini berarti data pengguna dapat disimpan di server independen, bukan di server yang dimiliki oleh perusahaan. Di masa depan, pengguna akan dapat mengembangkan server mereka sendiri yang dapat mereka gunakan dengan komunitas yang mereka pilih.

Berdasarkan laman resminya, Bluesky menyebut pengguna hanya menerima satu undangan akses aplikasi setiap dua minggu. Sistem undangan ini membuat Bluesky terasa lebih eksklusif daripada hanya meluncurkan akses ke daftar tunggu.

Bluesky mengatakan bahwa mereka membatasi akses untuk mengembangkan jaringan secara "organik". Tampaknya itu memang sudah dirancang untuk membatasi pelaku kejahatan, seperti ujaran kebencian di aplikasi tersebut.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat