visitaaponce.com

Aplikasi Bahasa Inggris ELSA Speach Gunakan Fitur AI

Aplikasi Bahasa Inggris ELSA Speach Gunakan Fitur AI
Ilustrasi.(Dokpri.)

DALAM era digital, pemanfaatan potensi kecerdasan buatan (AI) semakin populer, tak terkecuali untuk dunia pendidikan. ELSA Speak, salah satu aplikasi Bahasa Inggris terkemuka yang memanfaatkan teknologi AI, baru saja meluncurkan fitur AI generasi terbaru disebut ELSA AI untuk memungkinkan pengguna mempraktikkan percakapan di dunia nyata. Perusahaan mengembangkan teknologi ini selama bertahun-tahun. Hal ini dianggap sebagai langkah lebih lanjut dalam revolusi pembelajaran Bahasa Inggris.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang terus melaju, industri pendidikan mengalami transformasi karena peran penting dari kecerdasan buatan harus disebutkan. AI menawarkan solusi yang inovatif dengan menggunakan teknologi pengenalan suara untuk menyediakan lingkungan yang aman sebagai latihan dan masukan yang cepat. Algoritma AI juga dapat mengevaluasi gaya belajar dan memodifikasi kurikulum sesuai dengan kebutuhan individu, menghasilkan pengalaman belajar yang sukses sekaligus dipersonalisasi. Menurut laporan terbaru dari Grand View Research, AI global dalam ukuran pasar pendidikan diperkirakan mencapai US$32,3 miliar pada 2030.

Alat yang berhasil mengintegrasikan teknologi dalam pendidikan harus diikuti oleh aplikasi pembelajaran bahasa. Salah satu teknologi AI pengenal suara eksklusif untuk belajar berbahasa Inggris yang masuk dalam peringkat 5 besar dunia ialah aplikasi ELSA Speak. ELSA (English Language Speech Assistant) ialah aplikasi pembelajaran Bahasa Inggris yang membantu pengguna dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mereka dengan menilai kemampuan berbicara mereka berdasarkan suara asli standar. Aplikasi ini menggunakan teknologi AI yang dikembangkan menggunakan data suara dari penutur Bahasa Inggris dengan berbagai dialek, mengidentifikasi pola bicara penutur nonpenutur asli, dan memberikan masukan untuk menunjukkan kepada mereka cara memperbaiki kesalahan. Hingga sekarang, lebih dari 50 juta orang mengunduh aplikasi ini di seluruh dunia dan ada 1 juta pengguna di Indonesia. 

Baca juga: Laba Meta Triwulanan Melonjak saat Pasar Iklan Bergejolak

Untuk menegaskan komitmen dalam mendukung 1,5 miliar pembelajar bahasa asing di seluruh dunia agar lebih percaya diri dalam berbahasa Inggris, ELSA terus mengembangkan dan meneliti solusi guna memenuhi semua kebutuhan pembelajaran Bahasa Inggris. Dengan investasi modal sebesar US$27 juta dari perusahaan modal ventura terkemuka di Silicon Valley, Asia Tenggara, dan Jepang, termasuk Google Ventures, ELSA menyelesaikan pengembangan produk terbaiknya selama 8 tahun terakhir. Bulan lalu, perusahaan ini mengumumkan kabar baik bahwa mereka berhasil mendapatkan pendanaan Seri C sebesar US$ 23 juta. 

Vu Van, pendiri dan CEO ELSA, menjelaskan bahwa pendanaan tersebut akan digunakan untuk mendukung dan mengembangkan platform kami dan memperluas penawaran global. "Pendanaan ini akan digunakan untuk berkembang lebih jauh di Indonesia dan Taiwan dengan investor baru kami, berekspansi ke Timur Tengah dan Turki, membangun kesuksesan kami di Jepang dengan para pelajar, dan meningkatkan fokus kami pada B2B. Bahasa Inggris ialah bahasa yang paling umum dibutuhkan untuk pekerjaan di seluruh dunia dan kami ingin memungkinkan lebih banyak orang untuk menjangkau pasar kerja global dengan kemampuan bahasa Inggris yang lebih baik," tambah Vu dalam keterangan tertulis, Senin (30/10).

Baca juga: Nokia akan Pangkas 14.000 Pekerja karena Permintaan 5G Melambat

Bersamaan dengan itu, penggalangan dana ini menjadi dasar bagi ELSA untuk mengembangkan dan meluncurkan fitur baru, yaitu ELSA AI secara global. Fitur luar biasa ini memungkinkan pengguna aplikasi untuk membuat permainan peran mereka sendiri dan berlatih percakapan Bahasa Inggris dengan topik apa pun. Para pelajar dapat berlatih dengan empat skenario yang telah ditentukan berkaitan dengan pekerjaan dan percakapan santai atau menciptakan situasi kehidupan nyata sebagai bagian kehidupan sehari-hari. 

Satu hal yang lebih baik ialah ELSA AI akan memberikan evaluasi mendalam, termasuk intonasi, pengucapan, dan tata bahasa, performa setelah percakapan. Fitur ELSA AI dibuat untuk meningkatkan kemampuan komunikasi secara natural dan jelas bagi pelajar pada semua tingkatan, dari dasar hingga menengah. Bagi mereka yang baru mulai berlatih Bahasa Inggris, aplikasi ini akan menawarkan saran untuk menjaga agar percakapan tetap berjalan. Dengan mengizinkan pengguna untuk membuat berbagai konteks, hal itu merupakan sumber yang paling praktis untuk meningkatkan Bahasa Inggris di rumah guna mempersiapkan acara penting seperti wawancara, presentasi, dan sebagainya.

Untuk menikmati fitur ELSA AI tanpa batas, Anda perlu meningkatkan akun ke ELSA Premium yang dianggap sebagai solusi lengkap untuk berbicara Bahasa Inggris. Paket ELSA Premium juga termasuk ELSA Pro sebagai paket berbayar standar dalam aplikasi ELSA Speech yang berfokus pada peningkatan pelafalan suku kata dengan kurikulum yang dipersonalisasi berdasarkan level pengguna saat ini. Selain itu, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur web ELSA Speech Analyzer. Fitur ini dapat merekam dan memberi skor pada percakapan bebas berdasarkan lima faktor, yaitu pelafalan, intonasi, kefasihan, kosakata, dan tata bahasa, lalu memperkirakan nilai tes Bahasa Inggris untuk sertifikat internasional yang melibatkan IELTS, TOEIC, TOFEL, PTE, dan CEFR. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat