visitaaponce.com

Gandengn Voltare, KAI PropertiBangun Edge Data Center di Jaringan Kereta

Gandengn Voltare, KAI Properti Bangun Edge Data Center di Jaringan Kereta   
Acara penandatangan MoU antara PT KA Properti Manajemen dan T Voltare Lintasdata Teknologi di Jakarta.(Ist)

KAI Properti (PT KA Properti Manajemen) yang berpusat di Jakarta telah menggandeng perusahaan pengelola Data Center Voltare (PT Voltare Lintasdata Teknologi) sebagai rekan teknologi untuk mendukung transformasi dan terobosan dalam pengelolaan properti kereta api Indonesia yang dikelola oleh KAI Properti. 

Dalam keterangan pers, Rabu (1/11), Direktur Utama KAI Properti, Junaidi Nasution, mengatakan,“Dengan adanya kerja sama ini maka di masa depan, jaringan rel dan stasiun kereta api tidak hanya dipandang sebagai jaringan penghubung transportasi manusia dan barang saja, tetapi juga akan dipandang sebagai jaringan koneksi internet dan layanan digital penghubung kota-kota strategis di Indonesia.”

KAI Properti sebagai anak usaha KAI, mengelola aset dan lahan milik KAI yang sebagian besar di antaranya berada di area strategis pulau Jawa dam Sumatera yang sangat sesuai dengan karakter pengembangan layanan Edge Data Center (EDC) yang membutuhkan lokasi yang dekat dengan penggunaa layanan digital.

Baca juga: KRL Jabodetabek Makin Ngebut, Waktu Tempuh Makin Singkat

Voltare, perusahaan Data Center yang sedang dalam tahap pembangunan sebuah Hyperscale Data Center berkapasitas 150 MW dilahan 10ha Daan Mogot, mengungkapkan bahwa dengan adanya Edge Data Center dilokasi-lokasi strategis KAI, akan menjadi komplementari bagi Hyperscale Data Center. 

Tonggak Penting Dukung Perkembangan Teknologi

Keduanya berharap bahwa proyek ini akan menjadi tonggak penting dalam mendukung perkembangan teknologi di Tanah Air dan menyediakan solusi unggulan bagi para pelanggan di sektor Edge Computation dan Content Delivery Network (CDN).

“Masa depan Internet di Indonesia merupakan kombinasi (i) layanan teknologi komputasi awan (Hyperscale Cloud) yang sifatnya terpusat, berkeamanan tinggi dan massif, dengan (ii) layanan teknologi komputasi EDGE yang sifat terdistribusi, berlatensi sangat rendah dan mendekat pada pengguna layanan," jelas  Jastiro Abi, Direktur Utama Voltare.

"Dengan menyediakan Hyperscale Data Center dan Edge Data Center secara terintegrasi, Voltare akan menjadi rumah bagi para pemain teknologi digital di Indonesia.” ujar Jastiro.

Baca juga: Tiket Kereta Suite Class Compartment Dibanderol Rp1,95 Juta Rupiah

Proyek ini dapat mendukung pertumbuhan penggunaan teknologi digital di Indonesia dan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi digital,

“Pengembangan EDC di Indonesia adalah sebuah keniscayaan seiring dengan berkembangnya permintaan layanan Internet of Things (IoT) dan rencana implementasi layanan 5G," jelas Arief Yahya, Komisaris Utama Voltare.

"Konsumen Digital Indonesia akan terus menggunakan eCommerce, Supermarket Online, Aplikasi Transportasi dan Media Online dan ini akan terefleksi dengan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia sebesar 19% per tahun dengan nilai US$130 Miliar di tahun 2025,” pungkas Arief. (S-4)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat