visitaaponce.com

Indosat Tingkatkan Kapasitas Jaringan 32 untuk Lebaran 2024

Indosat Tingkatkan Kapasitas Jaringan 32% untuk Lebaran 2024
President Director dan CEO IOH Vikram Sinha(MI/Meilani Teniwut)

INDOSAT Ooredoo Hutchison (IOH) telah mengumumkan peningkatan signifikan pada kapasitas jaringan mereka sebagai bagian dari persiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Penyesuaian ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan trafik data selama periode Lebaran, dengan IOH meningkatkan kapasitas jaringan hingga 32% lebih besar daripada biasanya.

Langkah ini adalah bagian dari komitmen IOH untuk menyediakan 'Unparalleled Network Services Guaranteed', yang bertujuan menjamin kelancaran komunikasi pelanggan selama momen mudik dan berkumpul bersama keluarga serta kerabat.

Menurut President Director dan CEO IOH Vikram Sinha, optimasi jaringan ini merupakan upaya perseroan dalam memastikan pengalaman pengguna yang tidak terganggu selama periode Lebaran.

Baca juga : Ini Kiat Bagi Ibu Hamil yang akan Mudik Lebaran

"Kami telah melakukan optimalisasi jaringan di sejumlah jalur mudik dan lokasi prioritas untuk menunjang kebutuhan komunikasi dan layanan digital pelanggan, mulai dari perjalanan mudik hingga kembali ke daerah asal," ujar Vikram dalam Silaturahmi Ramadan bersama Manajemen IOH, Rabu (3/4).

Vikram menyatakan, selama dua tahun kehadiran IOH, perusahaan telah berhasil meningkatkan jumlah infrastruktur BTS dari sekitar 30.000 pada 2022 menjadi mendekati 50.000 saat ini.

Berdasarkan data mobilitas, diperkirakan arus mudik tahun ini akan mencakup sekitar 71,7% dari total penduduk Indonesia, yang berpotensi meningkatkan trafik data Indosat sekitar 17% dibandingkan dengan rata-rata trafik harian sepanjang 2024.

Baca juga : AkzoNobel Gelar Program Mudik untuk Ratusan Tenaga Pengecatan dan Kontraktor Mitra Dulux

IOH telah menambahkan 2.145 situs baru dan 38 unit mobile BTS (MBTS) untuk menanggulangi potensi kepadatan lalu lintas data, selain juga melakukan optimalisasi pada jaringan di berbagai jalur kritis, termasuk jalur kereta api dan jalan tol. 

Penambahan infrastruktur ini didukung oleh jaringan fiber optik yang mencakup lebih dari 51 ribu kilometer serta akses metro fiber optic yang luas, guna memperkuat kualitas sinyal di lokasi-lokasi strategis.

Kesiapan IOH dalam menghadapi Lebaran 1445 H juga melibatkan persiapan tim teknis yang berjumlah lebih dari 2 ribu orang dan operasional 24 jam dari Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation (ISOC), diperkuat dengan teknologi berbasis Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi, siap mengatasi setiap potensi gangguan jaringan dan memastikan komunikasi pelanggan tetap lancar selama periode Lebaran. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat