visitaaponce.com

Play Store Tolak Media Sosial Besutan Donald Trump

Play Store Tolak Media Sosial Besutan Donald Trump
Google Play tidak izinkan media sosial besutan Donald Trump.(123RF)

Media sosial milik mantan presiden Donald Trump, Truth Social, diblokir oleh Google Play. Media sosial tersebut dianggap tak mampu memenuhi syarat untuk tak menampilkan konten kekerasan dan perundungan. 

Keputusan Google Play itu membuat pengguna Android sejauh ini masih tak bisa menggunakan aplikasi truth Social. Belum ada informasi apakah dalam waktu dekat Google akan mengizinkan aplikasi tersebut rilis di PlayStore jika telah ada perbaikan.

Selama ini, Truth Social memang masih hanya bisa digunakan oleh pengguna produk Apple. Namun, baru untuk pengguna Apple di AS dan Kanada. AS dan Kanada menjadi dua negara yang dijadikan area uji coba Truth Social sejak diluncurkan untuk publik pada Februari 2022 lalu sebelum diluncurkan secara global.

Sementara itu, CEO Truth Social, Devin Nunes, mengatakan keputusan Google untuk memblokir Truth Social di Google Play merupakan tindakan tak bijak dan cenderung memonopoli. Khususnya karena saat ini Android merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia. 

Namun, pihak Google membantah pernyataan Nunes. Google mengatakan mereka hanya menjalankan kebijakan perusahaan untuk menjaga standar aplikasi dan konten yang bisa mereka hadirkan di Google Play. 

“Pada 19 Agustus kami telah memberikan pemberitahuan pada Truth Social tentang beberapa hal yang melanggar standar kami. Itu hal yang harus diterapkan demi menjaga kekonsistenan dari aturan dan sistem keamanan yang kami buat,” bunyi pernyataan resmi pihak Google pada bbc.com, Rabu, (31/8).

Meski sudah diberikan pemberitahuan, pihak Google mengatakan tak pernah ada respons dari Truth Social hingga saat ini. Padahal, adanya pemberitahuan itu menandakan diskusi dan perbaikan masih dianggap memungkinkan untuk dilakukan. (BBC/M-2) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat