visitaaponce.com

Cara Ampuh Mengusir Cicak dari Rumah Kamu

Cara Ampuh Mengusir Cicak dari Rumah Kamu
Ilustrasi cicak di rumah(Dok. The Week)

Perkara cicak yang ada di rumah bukan soal mudah untuk sebagian orang. Binatang melata satu ini tak jarang membuat risih sehingga berbagai cara diupayakan agar cicak bisa terusir dari rumah. Namun, mengusirnya pun bukan soal mudah karena pergerakan cicak yang dapat merangkak ke dinding atau bahkan ke langit-langit dengan sangat lincah.

Berdasarkan penelusuran ke berbagai sumber, berikut ini adalah cara efektif mengusir cicak dari rumah kamu:

1. Bubuk Kopi

Aroma kopi yang menyengat rupanya tidak disukai Cicak sehingga cenderung dijauhi. Supaya lebih ampuh, bubuk kopi dicampur dengan bubuk tembakau lalu ditaburkan di berbagai area rumah. Oh ya bubuk tembakau diketahui merupakan racun bagi cicak.

2. Sekat Ventilasi Rumah

Menyekat ventilasi rumah entah dengan kain kasa atau kawat membuat cicak kesulitan untuk masuk ke dalam rumah.

Baca juga: Sumbar Kembali Ekspor Cicak Kering

3. Aneka Bawang

Aroma tajam bawang putih, merah, atau bombay juga ampuh mengusir cicak. Sama seperti bubuk kopi dan tembakau, bawang bisa kita taburkan juga di berbagai area rumah.

4. Gunakan Kamper atau Kapur Barus

Kapur Barus yang banyak digunakan untuk mengusir kutu busuk, kecoa dan binatang kecil lainnnya juga ampuh mengusir cicak. Aromanya yang tajam dinilai efektif membasmi cicak.

Baca juga: Begini Cara Ampuh dan Mudah Usir Semut dari Rumah Anda

5. Suhu Ruangan

Cicak adalah hewan menyukai ruangan bersuhu hangat. Suhu yang dinilai efektif untuk mengusir cicak adalah 22 derajat celcius.

6. Bubuk Lada dan Cabai

Serupa dengan bawang, kopi dan tembakau, aroma lada dan cabai yang tajam juga efektif mengusir cicak. Caranya tinggal ditaburkan ke area-area yang biasa dimasuki cicak, seperti sudut-sudut rumah.

7. Obat Nyamuk Semprot

Cara ini terbilang ampuh dan efektif. Berbagai kandungan bahan kimia dalam obat nyamuk yang memiliki aroma sangat tajam diklaim dapat membuat cicak mabuk sama halnya nyamuk.

Lebih dari itu, mengindari cicak masuk ke dalam rumah juga tidak terlepas dari sejauhmana kita menjaga rumah tetap bersih, tidak menumpuk barang yang tidak diperlukan atau pakaian bekas cucian berlama-lama. Selamat Mencoba.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat