visitaaponce.com

Angkie Yudistia Rilis Buku Menuju Indonesia Inklusi

Angkie Yudistia Rilis Buku Menuju Indonesia Inklusi
Staf Khusus Presiden Joko Widodo, Angkie Yudistia.(MI/Susanto)

AKTIVIS hak penyandang disabilitas dan Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia merilis buku terbaru berjudul Menuju Indonesia Inklusi. Buku tersebut merupakan buku keempatnya, yang ditulis berdasarkan pengalamannya pada 2019-2020.

Pada bab pertama, buku ini berisi pandangan luas mengenai kondisi disabilitas di Indonesia. Termasuk jumlah yang merujuk data BPS 2020 adalah sekitar 22,9 juta jiwa, dengan beragam spektrum disabilitas mulai dari fisik (sensorik dan motorik), intelektual dan mental.

Sementara bab kedua buku Angkie mengajak pembaca untuk membayangkan bagaimana gambaran Indonesia sebagai negara yang inklusi dan ramah terhadap kelompok disabilitas.

Baca juga: Pemikiran Denny JA Soal Agama Mendorong Pencerahan

“Bab tiga, ada sejarah komisi nasional disabilitas, lembaga yang disahkan presiden. “Di bab keempat dan kelima, saya berbicara tentang para sosok penyandang disabilitas yang berprestasi. Mereka yang berjuang di balik keterbatasan, dan membuktikan mampu,” kata Angkie dalam peluncuran buku Menuju Indonesia Inklusi di kawasan Jakarta Pusat, Jumat, (21/7).

Angkie juga mengajak para pembaca dan teman disabilitas untuk memberikan suara dan harapan mereka terhadap situasi yang perlu dicapai mendatang. Ia juga tidak menutup mata meski saat ini beberapa upaya telah dilakukan dalam terwujudnya kesetaraan akses bagi teman-teman disabilitas tapi masih banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan.

Baca juga: Strategi Akad Group Pikat Pembaca Milenial dan Gen Z

Saat ini buku Menuju Indonesia Inklusi yang diterbitkan Media Indonesia Publishing masih tersedia versi cetak. Buku akan tersedia di toko-toko buku dan bisa dibeli via akun Instagram @menujuindonesiainklusi. Ke depan, agar teman netra juga bisa membaca juga akan tersedia versi digital. Sebagian keuntungan dari tiap buku terjual juga akan digunakan untuk beasiswa pendidikan vokasi bagi teman-teman disabilitas.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat