visitaaponce.com

Kolombia Mengekstradisi Desainer Terkenal ke AS Terkait Kulit Hewan Ilegal

Kolombia Mengekstradisi Desainer Terkenal ke AS Terkait Kulit Hewan Ilegal
Desainer Nancy Gonzalez telah diekstradisi Kepolisian Kolombia ke AS atas dugaan penyelundupan dompet kulit hewan yang dilindungi.(AFP)

KOLOMBIA telah mengekstradisi seorang desainer busana terkenal ke Amerika Serikat yang dicari atas dugaan penyelundupan dompet kulit hewan yang dilindungi, demikian disampaikan polisi di negara Amerika Selatan itu, Rabu (30/8).

Dompet, tas selempang, dan dompet buatan Nancy Gonzalez dijual dengan harga ribuan dolar AS per buahnya. Tidak hanya itu, karya Gonzalez muncul di atas catwalk dan acara TV serta menduduki rak-rak toko mewah di seluruh dunia.

Namun, perempuan Kolombia berusia 78 tahun ini ditangkap pada Juli 2022 di kota Cali. Ia dituduh terkait dengan lebih dari 200 produk dari kulit buaya dan ular sanca yang diduga diimpor secara ilegal dan dijual di Amerika Serikat.

Baca juga: Ini 7 Label Fesyen Modest Indonesia yang Akan Tampil di London Fashion Week

Sejumlah orang diduga dibayar untuk membawa tas-tas tersebut dari Kolombia ke New York dengan penerbangan komersial. Mereka diarahkan untuk berbohong tentang asal barang jika ditanya.

"Beberapa kulit diduga berasal dari spesies yang dilindungi atau dalam bahaya punah," kata pejabat polisi Jose Luis Ramirez dalam sebuah video yang dikirim ke media.

Baca juga: Ini Lho Jenama Lokal yang Bakal Tampil di New York Fashion Week The Shows

Gonzalez dikirim ke Amerika Serikat bersama dengan mitra bisnisnya, Diego Mauricio Rodriguez, demikian disampaikan polisi, tanpa menyebutkan kapan tepatnya. Pasangan ini dicari Distrik Selatan Florida. Dia berisiko dihukum penjara selama 25 tahun.

Menurut situs web-nya, tas-tas Gonzalez dibuat secara handmade di kota kelahirannya, Cali, oleh sekelompok pengrajin. Situs tersebut mengatakan tas-tas buatannya dijual di lebih dari 300 pengecer mewah, termasuk Bergdorf Goodman, Neiman Marcus, Saks Fifth Avenue, Harrod's, dan Tsum.

Desain-desainnya juga pernah ditampilkan dalam sebuah pameran oleh Museum Seni Metropolitan di New York. Di antara klien terkenal Gonzalez adalah Salma Hayek, Britney Spears, dan Victoria Beckham. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat