visitaaponce.com

Pengurangan Ketergantungan terhadap Dolar AS Dinilai Tepat Menjadi Fokus Pembahasan ACDM

Pengurangan Ketergantungan terhadap Dolar AS Dinilai Tepat Menjadi Fokus Pembahasan ACDM
Ilustrasi nilai tukar dolar AS(MI/ Moh Irfan)

EKONOM dari Segara Institut Piter Abdullah menyatakan tiga fokus yang dibahas oleh ACDM dan AFDM pada pertemuan pertama telah seirama dengan arah perkembangan ke depan. Fokus itu dinilai amat relevan dengan situasi dan kebutuhan regional, sekaligus dianggap dapat berimplikasi pada perkembangan ekonomi kawasan.

"Perkembangan ke depan memang menuju kepada upaya mengurangi ketergantungan terhadap satu mata uang yaitu dolar Amerika Serikat dengan memanfaatkan mata uang lokal. Selain itu juga searah dengan tren pengembangan transaksi non tunai dan uang digital," kata Piter kepada Media Indonesia.

Terdapat tiga fokus pembahasan dalam pertemuan tingkat deputi bank sentral asean atau ASEAN Central Bank Deputies Meeting (ACDM) dan ASEAN Finance Deputies Meeting (AFDM) yakni pemanfaatan diversifikasi mata uang, pengembangan RPC dalam meningkatkan konektivitas pembayaran lintas batas, dan penguatan ketahanan keuangan makro.

Baca juga: Kenaikan Suku Bunga Bikin Dolar AS Terpuruk

Bank Indonesia, kata Piter, dapat mendorong sekaligus mempromosikan pemanfaatan QRIS sebagai bentuk pengembangan regional payment connectivity (RCP). Ini dinilai potensial lantaran saat ini Indonesia menjadi tuan rumah dari forum ASEAN.

Piter menambahkan, apa yang dibahas oleh deputi bank sentral dan keuangan itu juga dapat mendorong peningkatan kerja sama ekonomi regional. Kelancaran sistem pembayaran, misalnya, dapat mendukung aktivitas ekspor impor dan pariwisata di masing-masing negara dengan memanfaatkan pasar regional.

Baca juga: Keketuaan ASEAN 2023 Lanjutkan Semangat G20 di Sektor Keuangan

"Jadi dampaknya juga akan signifikan bagi pengembangan ekonomi negara-negara ASEAN," tutur Piter. (Mir/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat