visitaaponce.com

Pakar Bisnis Afiliasi Dapat Jadi Bagian dari Sistem Franchise

Pakar: Bisnis Afiliasi Dapat Jadi Bagian dari Sistem Franchise
Partner utama TW Consulting yang saat ini sedang menempuh Program Doktor Kepemimpinan Universitas Gadjah Mada (UGM), Tommy A Wardhana.(Ist)

BISNIS afiliasi adalah model bisnis di mana seorang pelaku usaha mempromosikan produk atau layanan milik bisnis lain dan menerima komisi atas penjualan atau tindakan lain yang diambil oleh pelanggan yang direferensikan.

Dalam konteks pengembangan jaringan dan sistem franchise atau kemitraan usaha, bisnis afiliasi dapat menjadi strategi yang efektif untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan.

Partner utama TW Consulting yang saat ini sedang menempuh Program Doktor Kepemimpinan Universitas Gadjah Mada (UGM), Tommy A Wardhana, mengatakan bahwa pengembangan jaringan kemitraan di indonesia berkembang pesat dengan berbagai inovasi inovasi yang beragam dan menjadi efisien, sederhana dan efektit. Bisnis afiliasi dapat menjadi bagian dari sistem franchise atau kemitraan usaha yang lebih besar.

Baca juga: Di Tengah Ekonomi Global Tak Menentu, Justru Bisnis Waralaba Tumbuh

"Dalam sistem ini, afiliasi dapat menjadi mitra yang tidak terpisahkan dalam pengembangan jaringan yang efektif dan efisien serta tidak mahal," kata Tommy dalam keterangan pers, Minggu (14/5).

Bisnis Afiliasi Bantu Perkuat Jaringan

Selain itu, menurut Tommy, bisnis afiliasi juga dapat membantu memperkuat jaringan dan kemitraan usaha dengan cara menghubungkan bisnis dengan mitra potensial di berbagai wilayah atau industri yang berbeda.

Baca juga: Gandeng Undangin, Franchise & License Expo Indonesia Ke-20 Gelar Festival Kopi

"Dengan cara ini, bisnis afiliasi dapat berkontribusi pada pertumbuhan dan pengembangan bisnis yang lebih besar dan lebih sukses," terangnya.

Namun, Tommy juga menekankan bahwa bisnis afiliasi harus dilakukan dengan hati-hati dan profesionalisme tinggi. Afiliasi harus mempromosikan produk atau layanan dengan etika dan integritas yang tinggi agar tidak merusak reputasi bisnis lain atau merugikan pelanggan.

Baca juga: Riset AFI-Majalah Franchise Ungkap 20 Bisnis Waralaba dengan Tingkat Kepuasan Tertinggi

Secara keseluruhan, dijelaskan Tommy, bisnis afiliasi dapat menjadi strategi yang efektif untuk pengembangan jaringan dan sistem franchise atau kemitraan usaha.

Namun, penggunaan strategi ini harus dilakukan dengan hati-hati dan profesionalisme tinggi agar dapat memberikan manfaat yang optimal bagi semua pihak yang terlibat. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat