visitaaponce.com

PGN Bagi Dividen Jumbo Tahun Ini

PGN Bagi Dividen Jumbo Tahun Ini
Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN)(MGN/Insan Suardi)

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menyetujui rencana pembagian dividen sebesar 70% dari laba bersih tahun buku 2022. Hal tersebut menjadi kesepakatan dalam rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PGN, Selasa (30/5). 

"Pada prinsipnya berdasarkan RUPS, pembagian dividen tahun buku 2022 sudah kami perhitungkan. Sehingga kami melihat pembagian dividen sebesar 70% atau lebih besar dari tahun lalu masih memberikan ruang untuk pengembangkan investasi dan kebutuhan modal kerja," sebut Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PGN, Fadjar Harianto Widodo 

Berdasarkan hasil RUPST PT Perusahaan Gas Negara telah membukukan laba bersih yang dapat dibagikan kepada pemilik entitas induk sebesar USD 326.239.697. Sekitar 70 % atau USD 228.367.788 akan menjadi dividen yang dibagikan kepada para pemegang saham sesuai dengan porsi kepemilikan. 

Baca juga: Surya Pertiwi Bagikan Dividen Senilai Rp135 Miliar

Pembagian dividen akan dilakukan dalam kurun waktu 30 hari setelah ketetapan RUPST PGN 2023. Sedangkan untuk kas cadangan serta pendukung kegiatan operasional pengembangan perseroan akan memanfaatkan dana sebesar USD 97.871.999. 

 

Ganti Direktur Utama

Tidak hanya menyepakati pembagian dividen, RUPST PT Perusahaan Gas Negara juga menyetujui penunjukan direktur utama baru yakni Arief Setiawan Handoko menggantikan M. Haryo Yuniarto.

Baca juga: Tahun Ini, PGN Mau Bangun 550 Ribu Jargas tanpa APBN

Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PGN, Beni Syarif Hidayat menyebut penggantian dewan direksi merupakan hak penuh pemegang saham perseroan. Namun ia menekan, bahwa tidak ada tanda penurunan kinerja dari direksi sebelumnya. 

"Kalau dibilang jelek juga enggak. Dividen naik, revenue nambah, dan laba juga naik," pungkas Beni.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat