visitaaponce.com

Jokowi Proyek Smelter Amman Rampung pada Pertengahan 2024

Jokowi: Proyek Smelter Amman Rampung pada Pertengahan 2024
Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan Smelter AMNT(MI/Yusuf Riaman)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan pembangunan fasilitas pengolahan hasil tambang (smelter) miliki PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), akan rampung di tahun depan. Ini disampaikan Kepala Negara saat bersama jajaran menteri meninjau langsung proyek pertambangan mineral tersebut, Selasa (20/6).

“Saya ingin memastikan bahwa progresnya sesuai dengan perencanaan dan selesai pertengahan tahun depan,” ungkapnya dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi menyampaikan berdasarkan hasil verifikasi terakhir, progres pembangunan smelter AMNT telah mencapai 51,63%.

Baca juga : Jokowi Minta Smelter PT. Freeport Indonesia Rampung Mei 2024

Dengan selesainya pembangunan smelter-smelter mulai dari nikel, tembaga, bauksit, dan timah, akan memberi nilai tambah yang besar bagi perekonomian dalam negeri dari nilai ekspor komoditas mineral, dan produk turunannya.

Dari smelter AMNT saja, lanjut Jokowi, memiliki kapasitas produksi 900.000 ton konsentrat dan akan menjadi katoda tembaga.

Baca juga : Presiden Targetkan Proyek Smelter Tembaga di Sumbawa Barat Selesai 2024

"Dengan produk turunan (tembaga) akan memberikan nilai tambah dan membuka lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya," ucap Presiden.

Presiden meminta agar produk turunan-turunan dari hasil smelter diintegrasikan menjadi barang jadi untuk menciptakan ekosistem kendaraan listrik. Adapun komponen yang dibutuhkan dan tengah diproduksi ialah baterai kendaraan listrik.

"Setelah ada baterai kendaraan listrik, nanti akan menjadi ekosistem mobil listrik. Ekosistem besar yang akan selesai dibangun ini, kita bisa melompat menjadi negara maju," pungkasnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat