visitaaponce.com

Presiden Lulusan SMK Harus Sesuai Kebutuhan Industri

Presiden: Lulusan SMK Harus Sesuai Kebutuhan Industri
Presiden Jokowi meninjau kegiatan belajar mengajar di SMK Negeri 2 Bengkulu Tengah.(BPMI Setpres)

Presiden Joko Widodo meminta seluruh Sekolah Menengah kejuruan (SMK) mempersiapkan para siswa mereka untuk masuk ke dunia industri. Mereka harus memiliki kemampuan yang sesuai dan dibutuhkan dunia kerja. Arahan tersbeut ia sampaikan saat meninjau SMK Negeri 2 Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu, Kamis (20/7).

“Nanti mungkin di sini bisa saja buat mobil, buat sepeda motor karena memang SMK kita arahkan skill-nya, keterampilannya, sesuai dengan yang dibutuhkan industri maupun nanti kalau mau wirausaha akan lebih baik,” ujar Jokowi di Bengkulu.

Presiden juga menekankan pentingnya membangun koneksi yang baik antara sekolah dengan industri. Dengan begitu, para siswa yang nantinya lulus bisa terserap sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Baca juga: Jokowi-Paloh Bertemu dalam Momentum yang Tepat

“Karena apapun memang yang baik itu dikoneksikan antara sekolah dengan industri, sehingga kebutuhannya bisa link and match terus,” lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara meninjau kegiatan belajar mengajar yang sedang berlangsung di jurusan teknik sepeda motor (TSM) dan teknik kendaraan ringan (TKR). Dari peninjauan itu, ia melihat fasilitas masih kurang memadai.

Baca juga: Tanya Cawapres ke Surya Paloh, Jokowi Dinilai Patahkan Kesan Memusuhi Anies

Oleh karena itu, Presiden mendorong adanya penambahan kendaraan untuk keperluan praktik para siswa.

“Mobil, kendaraan motor, saya kirim yang baru biar yang dipelajari di sekolah itu sesuai dengan lapangan. Yang terbaru termasuk kendaraan listrik nanti saya kirim satu-satu lah,” tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat