visitaaponce.com

Bahlil Tekankan Peran Investasi Ciptakan Pertumbuhan Ekonomi Baru

Bahlil Tekankan Peran Investasi Ciptakan Pertumbuhan Ekonomi Baru
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia foto bersama dengan Dewan Pengurus Apkasi usai menutup AOE 2023 di ICE BSD, Tangerang.(Ist)

MENTERI Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menekankan peran penting investasi sebagai instrumen untuk menciptakan kawasan pertumbuhan ekonomi baru.

Bahlil memuji Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) yang menggelar Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2023 di Hall 3 ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten, sebagai upaya mendorong terciptanya kawasan pertumbuhan ekonomi baru.

Baca juga: Menteri Bahlil bakal Bereskan 90% Investasi Mangkrak di 2024

"Saya harus mengapresiasi secara sungguh-sungguh terhadap kegiatan ini, karena Apkasi melakukan transformasi tidak hanya pada konteks pelayanan publik dalam perspektif administrasi yang lazim dan secara kontinyu pelayanan dilakukan di daerah."

"Namun, Apkasi sudah mulai memikirkan tentang bagaimana pengembangan ekonomi wilayah dalam konteks menciptakan kawasan pertumbuhan ekonomi baru," kata Bahlil dalam keterangan di Jakarta, Minggu (23/7).

Dalam sambutan di acara penutupan AOE 2023 itu, Bahlil menyampaikan perkembangan investasi, yakni pertumbuhan investasi dari tahun ke tahun semakin baik.

Ia menyebutkan capaian realisasi investasi pada 2021 dan 2022 berhasil melewati target yang ditetapkan Presiden.

Baca juga: Penuhi Target Investasi, Bahlil Genjot Investasi Hilirisasi Sumber Daya Alam

"Pak Presiden memerintahkan kepada kita di 2023 realisasi investasi sebesar Rp1.400 triliun, karena ini sebagai syarat pertumbuhan ekonomi kita bisa terjaga di atas 5%."

"Angka investasi ini di luar hulu migas dan di luar sektor keuangan. Alhamdulillah sampai hari ini sudah tercatat mencapai Rp678,6 triliun atau 58,5%"," ujarnya saat menutup AOE 2023 di Hall 3 ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu (22/7).

Bahlil juga menjelaskan sejak Indonesia merdeka hingga triwulan III 2020, investasi selalu didominasi di Pulau Jawa.

Atas perintah Presiden Jokowi untuk membangun Indonesia sentris, kini investasi di luar Jawa jauh lebih unggul dibandingkan dengan investasi di Pulau Jawa.

"Saya ubah kebijakan sejak 2020 kuartal ketiga sampai 2023 kuartal kedua, alhamdulillah investasi di luar Pulau Jawa sudah lebih besar ketimbang yang di Pulau Jawa, sekarang sudah 53%," katanya.

Bahlil pun menegaskan investasi harus diurus dengan baik karena merupakan instrumen untuk menciptakan kawasan pertumbuhan ekonomi baru dan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

Baca juga: Ekonom Puji Kinerja Cemerlang Bahlil Cetak Investasi Tembus Rekor Rp1.207 Triliun

Terakhir, Bahlil mengapresiasi Apkasi yang menyelenggarakan pemilihan Putri Otonomi Indonesia (POI) 2023 dan mengusulkan agar Juara POI bisa magang di Kementerian Investasi untuk mendorong mereka mendukung penciptaan dunia usaha baru.

Selain eksibisi, AOE 2023 juga menggelar business matching, fesyen show Wastra Nusantara, serta field trip untuk mengajak peserta melihat langsung praktik terbaik dari suatu program pemerintah kabupaten.

Sementara itu, Ketua Bidang Politik dan Keamanan Apkasi Joune J E Ganda berterima kasih kepada seluruh peserta dan pihak-pihak yang terlibat kegiatan pameran, eksibisi, dan rangkaian kegiatan lainnya dalam AOE 2023.

Bupati Joune mengatakan AOE 2023 melibatkan 172 peserta, terdiri dari 131 pemerintah kabupaten, dua kementerian, enam dari kalangan swasta, 23 dari sektor UMKM dan 10 dari kalangan media, yang menempati 287 stand.

“Data pengunjung, hingga Sabtu, 23 Juli 2023, pukul 14.00 wib, tercatat total 10 ribu pengunjung. Terdiri dari masyarakat umum serta kalangan pengusaha dan investor,” kata Bupati Joune. (Ant/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat