visitaaponce.com

Antisipasi El Nino, Dirut Bulog Klaim Stok Beras Aman Hingga Akhir Tahun

Antisipasi El Nino, Dirut Bulog Klaim Stok Beras Aman Hingga Akhir Tahun
Lahan pertanian kering akibat El Nino(Antara)

 

DIREKTUR Utama Badan Urusan Logistik (Bulog) Budi Waseso mengatakan pemerintah tengah mengecek stok beras untuk mengantisipasi dampak dari El Nino. El Nino merupakan fenomena yang membuat curah hujan berkurang serta berdampak pada turunnya produksi pangan.

Menurut Budi, stok beras hingga akhir tahun memadai yang didapat dari hasil panen petani serta impor.

"Aman alhamdulillah, jadi kalau kita bicara stok (beras) yang sekarang ada di Bulog itu 1,3 juta ton. Kita masih menyerap di dalam (dari hasil panen petani) sama nanti yang ada kita mau mendatangkan untuk stok,"terang pria yang akrab disapa Buwas itu seusai hadir dalam rapat terbatas mengenai El Nino yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (2/8).

Baca juga: Cuaca Juli 2023 Terpanas, PBB Anggap Bumi Alami Global Boiling

Pemerintah, imbuhnya, akan mengimpor beras dengan kuota 2 juta ton sehingga pada akhir tahun, menurut Budi, akan ada stok cadangan beras hingga 2,3 juta ton. Impor tersebut, ujar dia, berasal dari beberapa negara antara lain Vietnam, Thailand dan Pakistan.

"Dari beberapa negara. Non-India karena India sudah close (ditutup untuk impor)," terangnya.

Baca juga: IPB Sebut Produksi Pertanian akan Turun 5% Akibat El Nino

Beras impor menurut Budi, diperkirakan akan masuk ke Indonesia pada 4 Desember 2023. Importasi saat ini, imbuhnya, sudah masuk tahap keempat.
Presiden Joko Widodo memberikan izin impor beras hingga 2 juta ton.

"Sudah sudah. Tender (untuk impor) sudah. Jadi dia tinggal datang saja," imbuh dia.

"Ya kita lihat situasi. Begitu perkembangan (stok beras) kurang ya kita terus. Kita ada kerja sama dengan beberapa negara tadi jadi kalau butuh kan umpama 300 (ribu) ya kita datangkan 300," tuturnya.

Selain memastikan stok beras, Budi mengatakan menteri pertanian juga tengah mempersiapkan percepatan masa tanam untuk menambah stok cadangan beras nasional.

"Saya lihat potensi nanti kita lihat perkembangannya. Tadi beberapa menteri, menteri pertanian juga menyampaikan kemungkinan-kemungkinan percepatan tanam dan beberapa wilayah yang mungkin masih bisa dilakukan penanaman gitu," tuturnya.

Dalam mengantisipasi El Nino, menurut Budi, stok beras dipastikan aman. Cadangan beras di Bulog, ungkap Budi, hingga akhir tahun ada 2,3 juta ton.

"Kalau kita sampai akhir tahun stok kita berasnya Bulog ini, kalau tidak ada pengeluaran untuk operasi pasar, kan sekarang engga ada operasi pasar hanya ritel-ritel ya ada si operasi pasar tapi tidak besar. Jadi sampai akhir tahun kita punya stok 2,3 juta," tukasnya. (Z-10)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat