visitaaponce.com

BRI Catat Penyaluran KUR Sebesar Rp107,84 Triliun Per September 2023

BRI Catat Penyaluran KUR Sebesar Rp107,84 Triliun Per September 2023
Realisasi penyaluran kredit usaha rakyat(Antara)

BANK Rakyat Indonesia (BRI) adalah bagian dari bank penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan sampai saat ini Komitmen BRI sebagai bank penyalur terbesar KUR tidak pudar.

"Tercatat sampai dengan September 2023 bank BRI telah menyalurkan KUR sebesar Rp107,84 Triliun dari target Rp194,4 Triliun," ucap Direktur Bisnis Mikro BRI, Supari saat Konferensi Pers pada Rabu (25/10).

Supari menegaskan bahwa pendanaan KUR 100% dari dana bank yang diperoleh tentunya dari menghimpun dana masyarakat.

Baca juga : Bantu Akses Modal dan Pasar, Petani CSA Purworejo Ikuti Temu Usaha 

"Oleh karena itu KUR wajib untuk kembali dilunasi dengan cara mengangsur sesuai dengan perjanjian-perjanjian kredit yang sama-sama disepakati dengan nasabah pada saat pencairan di awal," tegasnya.

Baca juga : KUR Gairahkan Pertanian secara Menyeluruh

Ia menyebut Bank BRI sebagai penyalur KUR dan penyalur itu ada di hilir, sehingga harus dan wajib mematuhi seluruh peraturan-peraturan atau kebijakan-kebijakan mulai dari Peraturan Menteri Koordinator Perekonomian sampai dengan Keputusan Menteri Keuangan sampai dengan bisnis proses dan petunjuk teknis dari stakeholder KUR. 

Dan seluruh perangkat kebijakan ini harus lengkap dulu sebelum bank penyalur bisa menyalurkan KUR.

"Seluruh perangkat kebijakan KUR lengkap sejak 1 September 2023 ini. Ini adalah komitmen sekalipun perangkat kebijakan baru lengkap di September maka BRI tetap mempunyai komitmen tinggi terhadap penyaluran KUR," terang Supari.

Supari memaparkan berbicara tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tidak hanya sekadar bicara KUR saja, karena tercatat sampai dengan September 2023, sebagai bank yang fokus di UMKM, BRI telah menyalurkan kredit kepada UMKM sebesar Rp394 Triliun dimana angka tersebut naik sebesar 18,1% dibanding periode yang sama pada 2022 yang hanya sebesar Rp333 Triliun.

"Di dalam 394 Triliun itu bahwa sekalipun KUR baru tersalur 55,47% ternyata masyarakat tidak sama sekali menunggu. Tercatat sampai September 2023 pertumbuhan Kupedes kredit mikro komersial BRI tercatat 57,5%," ungkap dia. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat