visitaaponce.com

Pipa Pertamina Terbakar di Medan, Apa Penyebabnya

Pipa Pertamina Terbakar di Medan, Apa Penyebabnya?
Pipa penyalur BBM di Medan terbakar akibat ulah pencuri(Ist)

PIPA penyalur bahan bakar minyak (BBM) di Kelurahan Belawan Bahari, Medan, Sumatra Utara, terbakar belum lama ini. Insiden ini terjadi lantaran pelaku pencurian BBM melubangi pipa penyalur tersebut.

“Kami pastikan bahwa kebocoran diakibatkan oleh aksi pencurian dengan melubangi pipa penyalur BBM,” tegas Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional SumbagutSusanto August Satria, dalam keterangan resmi, Sabtu (28/10).

Satria mengatakan berdasarkan laporan yang diterima dari pihak pengamanan Pertamina Fuel Terminal (FT) Medan Grup sekitar pukul 15.30 WIB tim pengamanan jalur pipa yang sedang berpatroli mendapati adanya kebocoran pada pipa penyalur BBM di wilayah Kampung Kurnia, Belawan Bahari, akibat dari aksi pencurian dengan cara melubangi pipa penyalur BBM.

Baca juga: Pertamina Patra Niaga Lakukan Pengisian Perdana Sustainable Aviation Fuel Bagi Penerbangan Komersil

Mendapati hal tersebut, petugas pengamanan langsung berkoordinasi dengan FT Medan Group dan langsung melakukan tindakan awal dengan menutup lubang sementara serta meminta bantuan tim teknis untuk menutup kebocoran lebih lanjut.

Satria menerangkan berdasarkan informasi warga setempat, para pelaku pencurian BBM dengan sengaja membuka sumbatan lubang pipa, sehingga BBM keluar dari lubang tersebut dengan cukup deras dan pada saat bersamaan ada yang menyalakan api.

Baca juga: Komitmen Majukan Masyarakat, Pertamina Group Raih 10 Penghargaan ProKlim 2023 dari KLHK

Atas laporan insiden kebakaran tersebut, Pertamina segera menghentikan sementara aktivitas penyaluran BBM untuk mengurangi debit minyak yang keluar dari pipa yang dilubangi pencuri dan api berhasil dipadamkan atas bantuan warga setempat.

"Kondisi saat ini lokasi telah steril dan tim teknis Pertamina segera menutup lubang pipa secara permanen,” jelas Satria.

Ia kemudian menyampaikan keprihatinan atas adanya 2 korban luka bakar dari insiden ledakan pipa. Pertamina telah membuat laporan resmi kepada aparat penegak hukum atas aksi pencurian BBM di jalur pipa ini akibat kerugian yang dialami.

“Jelas Pertamina dan warga sekitar dirugikan. Kami telah melaporkan insiden ini kepada Polres Pelabuhan Belawan agar pelaku pencurian dapat segera ditangkap dan diproses sesuai hukum," pungkasnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat