visitaaponce.com

Ide Taman Depan Rumah Minimalis yang Unik dan Modern

Ide Taman Depan Rumah Minimalis yang Unik dan Modern
Salah satu konsep yang menarik untuk dicoba adalah taman dengan gaya minimalis dan modern.(Freepik)

PUNYA tabungan yang banyak memang menyenangkan karena kamu jadi bisa melakukan banyak hal sesuai keinginan.

Termasuk saat kamu ingin merenovasi rumah dan menambahkan taman di bagian depan rumahmu. Taman ini nantinya akan membuat tampilan depan rumahmu jadi terlihat lebih estetik. 

Ada banyak ide taman depan rumah yang bisa kamu aplikasikan di hunianmu sendiri. Salah satu konsep yang menarik untuk dicoba adalah taman dengan gaya minimalis dan modern. Konsep taman seperti ini bisa membuat rumahmu jadi tampak hidup dan terasa jauh lebih nyaman. 

Ide Taman Depan Rumah Minimalis

Kehadiran taman di dalam rumah akan membuat rumah jadi lebih menarik dan asri. Bahkan taman bisa membuat penghuninya betah berlama-lama di rumah bersama keluarga.

Baca juga: DBS Perkirakan Pertumbuhan PDB Indonesia 2023 Sebesar 5%

Berikut ini ada beberapa inspirasi ide taman depan rumah minimalis yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

● Taman Kering

Pertama ada konsep taman kering yang bisa kamu terapkan jika tidak ingin terlalu banyak memakai tanaman hidup. Taman kering biasanya memakai bebatuan untuk menutupi area tanah. Selain itu jenis tanaman yang bisa dipilih juga biasanya tidak membutuhkan banyak air seperti kaktus. 

Tipe taman kering bisa jadi pilihan kalau kamu tidak punya banyak waktu merawat tanaman. Selain kaktus, kamu juga bisa menanam sukulen dan siklok. Meskipun namanya taman kering, namun jenis taman seperti ini tidak akan terlihat gersang melainkan tampak estetik. 

● Kolam dan Taman Kecil

Berikutnya ada konsep taman kecil dengan kolam yang jadi favorit banyak orang. Gaya taman ini memang cukup mainstream karena banyak kita jumpai di rumah-rumah. Meskipun begitu konsep taman kecil dan kolam tidak pernah terasa membosankan. 

Baca juga: 4 Cara Menghias Taman Agar Tampak Indah dan Menarik

Taman seperti ini bisa jadi pilihan jika kamu menyukai suasana asri dan sejuk di depan rumah. Kamu bisa menambahkan kolam berukuran kecil dan memelihara beberapa ikan di sana. Selain itu kamu juga dapat menanam beberapa jenis tanaman yang berukuran sedang agar terlihat lebih asri. 

● Taman Modern

Konsep taman modern juga akan terlihat sangat cocok dengan konsep rumah minimalis. Jenis taman seperti ini biasanya minim ornamen dan menggabungkan konsep taman kering dengan taman basah. Kamu bisa menggunakan bebatuan maupun papan kayu di beberapa bagian. 

Umumnya susunan tanaman di taman modern terlihat lebih teratur. Selain itu kamu juga bisa menambahkan air mancur mini untuk menambah kesan asri. Jangan lupa gunakan juga pencahayaan yang tepat agar suasana taman terlihat lebih modern.

● Taman ala Jepang

Penggemar konsep Japandi bisa mencoba menerapkan gaya taman ala Jepang. Taman seperti ini mengadopsi gaya halaman rumah-rumah di Jepang yang simple namun sangat cantik. Kamu bisa menggunakan beberapa jenis elemen khas Jepang seperti batu-batuan, kayu, dan tanaman bonsai. 

Baca juga: Bank DBS dan Traveloka Ajak Masyarakat Cerdik Kelola Dana Traveling

Demi memperkuat kesan Jepang di taman ini, kamu juga bisa menambahkan kolam kecil yang di dalamnya berisi ikan koi. Selain itu kamu juga bisa menggunakan cahaya yang hangat untuk memperkuat kesan ala Jepang. 

● Konsep Taman Klasik

Penggemar konsep klasik pasti akan sangat menyukai konsep taman yang satu ini. Taman dengan gaya klasik akan terkesan manis karena biasanya dipenuhi oleh tanaman berbunga. Selain itu kamu bisa menambahkan beberapa jenis ornamen yang estetik seperti patung dan kursi klasik.

Demi mendapatkan kesan yang semakin klasik, kamu juga bisa memasang lampu dinding. Pilih lampu dinding dengan konsep klasik agar terlihat lebih cantik. Selain itu tambahkan juga kolam mungil jika memungkinkan. 

Tips Menabung untuk Membuat Taman 

Pembuatan taman di halaman rumah bisa jadi memakan biaya yang besar. Namun kamu pasti tidak akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan biaya tersebut jika sudah punya tabungan yang memadai. Berikut ini ada beberapa tips menabung yang bisa kamu terapkan demi mewujudkan taman impian di rumah.

● Buat Target Nominal

Tips pertama, cobalah untuk membuat target nominal terlebih dahulu. Kamu harus tahu berapa banyak uang yang perlu dikumpulkan agar bisa menyelesaikan proses pembuatan taman. Tentunya dalam hal ini kamu perlu membuat perhitungan yang matang terlebih dahulu. 

Nilai nominal ini bisa bervariasi sesuai jenis taman yang ingin kamu buat. Oleh sebab itu pikirkan dulu rencana pembuatan taman dengan matang. Jika perlu kamu bisa berkonsultasi juga dengan vendor yang akan membuat taman di rumahmu agar rincian biayanya bisa lebih jelas. 

● Tentukan Periode Waktu Menabung

Selanjutnya kamu bisa menentukan periode waktu dalam menabung. Tentukan kapan kamu akan membuat taman jadi kamu tahu berapa lama waktu yang dimiliki untuk menabung. Jika kamu sudah tahu kapan target harus dipenuhi maka kamu akan semakin termotivasi untuk menabung. 

Selain itu hal ini juga akan membantu kamu untuk menentukan berapa banyak uang yang harus ditabung per bulannya. Ini akan mempermudah kamu untuk mencapai target finansial dalam membuat taman impian di depan rumah. 

●  Alokasikan Dana Khusus untuk Menabung

Sebaiknya jangan menabung dari dana yang tersisa setiap bulannya. Lebih baik alokasikan dana di awal ketika kamu mendapatkan gaji atau pemasukan. Ini jauh lebih efektif daripada harus menunggu dana sisa untuk menabung. Justru jika hal ini terjadi kamu malah akan semakin sulit untuk menabung. 

Apalagi kamu sudah tahu apa tujuan pemakaian dana tersebut. Jadi kamu tidak seharusnya menggunakan dana sisa anggaran untuk menabung. Harus ada alokasi dana khusus sehingga target menabung bisa terpenuhi tepat waktu.

● Siapkan Pos atau Rekening Khusus

Tips lain yang bisa kamu lakukan adalah sediakan pos atau rekening khusus untuk kebutuhan pembuatan taman. Sebenarnya strategi ini sangat umum dilakukan agar target menabung lebih mudah tercapai. Jadi kamu perlu memiliki beberapa pos atau rekening untuk menyimpan dana tersebut. 

Baca juga: DBS Indonesia Gelar Kampanye #JalaniCerdikmu 

Setiap pos memiliki tujuan pemakaian masing-masing. Misalnya saja fungsi tabungan ini adalah untuk menyimpan modal membuat taman di depan rumah. Nantinya kamu bisa membuat rekening lain untuk pos pemakaian yang berbeda. Jadi kamu bisa punya lebih punya dana simpanan untuk kebutuhan yang beragam. 

Bagi kamu yang sedang memiliki rencana membuat taman di depan rumah, pastikan untuk mempersiapkan dananya sedini mungkin. Dalam hal ini kamu bisa memakai fitur Tabungan Maxi dengan bunga 3% dan Dompet Maxi di Aplikasi digibank by DBS.

Di sini kamu bisa membuat 20 dompet dengan alokasi atau pos-pos kebutuhan yang berbeda.

Jadi, untuk mewujudkan taman rumah idaman ini pun kamu bisa membuat alokasi tabungannya sendiri, begitu pun untuk kebutuhan-kebutuhan lainnya. Pengaturan dana untuk keperluan upgrade rumah bisa jadi lebih rapih dan mudah menggunakan digibank by DBS. 

Cara buka rekeningnya pun sangat mudah karena 100% prosesnya secara digital dan hanya perlu verifikasi dengan fitur face biometric yang bisa dilakukan lewat smartphone yang kamu pakai sehari-hari. Kamu cukup menyediakan e-KTP dan swafoto dalam proses pembukaan rekening tersebut. 

Tak hanya itu, sebagai pengguna layanan digibank by DBS kamu juga bisa belanja berbagai kebutuhan untuk membuat taman di depan rumah dengan mudah.

Ada layanan transfer gratis tanpa kuota menggunakan metode BI-Fast yang bisa kamu pakai untuk mempermudah dan menghemat segala jenis transaksi. 

Jangan tunda lagi rencana upgrade rumah dengan membuat taman impianmu. Langsung saja buka tabungan di digibank by DBS dan rencanakan kebutuhan biayanya sedini mungkin. (RO/S-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat