visitaaponce.com

Tawarkan Bansos Plus, Anies Baswedan Ingatkan Anggarannya dari Uang Rakyat

Tawarkan Bansos Plus, Anies Baswedan Ingatkan Anggarannya dari Uang Rakyat
Anies Baswedan.(AFP/Yasuyoshi Chiba.)

SEBAGAI langkah perubahan, pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar akan membuat program bansos plus. Ini untuk memperluas lagi jangkauan penerima bantuan sosial.

"Sebagai bagian dari perubahan, kami menyusun bansos plus, angkanya ditingkatkan, yang masih miskin dimasukkan dan diberikan bekal pelatihan, pendampingan, supaya usaha mereka pelan-pelan bisa mandiri dan hidup lebih sejahtera," ucap Anies dalam debat capres kelima, Minggu (4/1).

Menurut Anies, beberapa kelompok masyarakat yang penting untuk mendapatkan bansos ialah mereka yang miskin dan prasejahtera, jangan sampai ada yang terlewatkan. Menurut Anies, bansos harus diberikan sesuai kebutuhan penerima.

Baca juga : Prabowo: Bangun Pabrik di Dalam Negeri Kurangi Impor Gawai

"Kalau penerima membutuhkan bulan ini, ya bulan ini. Kalau tiga bulan lagi, ya tiga bulan lagi. Tidak usah dirapel semuanya. Dijadikan sebagai sesuai kebutuhan,” ucap dia.

Ia juga menekankan bahwa bansos diberikan dari uang rakyat lewat negara dan untuk rakyat, bukan dari pihak-pihak tertentu. Hal itu dilakukannya saat menjabat sebagai gubernur DKI. Anies dengan tegas menempelkan keterangan pada setiap paket bansos dengan label dibiayai APBD.

Di samping itu, ia menekankan bahwa perlu opsi bansos dalam bentuk cash transfer untuk mengurangi potensi korupsi dalam pengadaan barang. Pasalnya, selama ini pengadaan barang bansos hanya memberikan keuntungan bagi perusahaan raksasa.

Baca juga : Terkait Pekerja Migran, Prabowo Sepakat dengan Anies dan Ganjar

Lainnya, soal data bansos, menurut dia permasalahan tersebut dapat diatasi dengan mengecek ulang data sampai di tingkat RT/RW.

"Itu dilakukan di Jakarta. Mereka musyawarah, mencocokkan siapa yang daftar, yang benar dan keliru. Semua PKK, karang taruna, RT/RW, datanya akurat dan dananya dipakai sesuai dengan kebutuhan," pungkas dia. (Z-2)

Baca juga : Anies Baswedan: Perbaikan Sistem Kesehatan Harus Dilakukan Lintas Sektor

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat