visitaaponce.com

Prabowo Bangun Pabrik di Dalam Negeri Kurangi Impor Gawai

Prabowo: Bangun Pabrik di Dalam Negeri Kurangi Impor Gawai
Prabowo Subianto.(DOK YOUTUBE/METRO TV)

CALON Presiden Prabowo Subianto meyakini strategi untuk mengurangi ketergantungan pada impor gawai di Indonesia ialah membangun pabrik yang memproduksi gawai (smartphone) di dalam negeri.

Prabowo, saat menanggapi jawaban capres Anies Baswedan, menjelaskan bahwa strategi tersebut tentu membutuhkan kehendak politik dari para pemimpin bangsa dan para pengambil keputusan.

"Kalau saya selalu solutif dan tindakan. Kalau memang nilai investasi membangun pabrik gawai hanya setengah triliun rupiah, perlu kehendak politik, bangun itu pabrik segera!" kata Prabowo saat segmen kedua debat kelima Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta (JCC), Minggu (4/2), seperti dilansir dari Antara.

Baca juga : Terkait Pekerja Migran, Prabowo Sepakat dengan Anies dan Ganjar

Dalam segmen kedua itu, panelis bertanya kepada Anies mengenai strateginya membangun kedaulatan manufaktur telekomunikasi dan teknologi informasi di Indonesia.

Isu itu menjadi krusial karena menurut para panelis kedaulatan teknologi informasi di Indonesia terancam, berdasarkan nilai impor gawai pada tahun 2023 yang mencapai Rp30 triliun, padahal nilai investasi untuk membangun pabrik di dalam negeri hanya Rp500 miliar.

Terkait dengan itu, Prabowo meyakini kebijakan yang perlu ditempuh harus menyasar sampai akar, yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

Baca juga : Haedar Nashir Harap Debat Capres Cawapres Lebih Substantif

Prabowo menjelaskan bahwa pasangan calon nomor urut 2 itu berencana menyediakan beasiswa untuk 10.000 lulusan SMA untuk berkuliah di kampus-kampus ternama luar negeri, terutama untuk jurusan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics).

"Tadi, saya sudah katakan 10.000 beasiswa kedokteran, ditambah 10.000 di science, teknologi, engineering, dan mathematics. Kita ambil yang terpintar di Indonesia, kita kirim ke luar negeri, kita bangun fakultas-fakultas STEM lebih banyak lagi di Indonesia, kita rebut teknologi, yang penting kehendak politik kita bangun pabrik gawai," kata Prabowo. (Z-6)

Baca juga : Prabowo Umpat Anies, Timnas Amin: Rakyat Bisa Menilai

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat