visitaaponce.com

Lembaga Penyelidikan Korea Selatan Menyatakan IU Tidak Lakukan Plagiarisme

 Lembaga Penyelidikan Korea Selatan Menyatakan IU Tidak Lakukan Plagiarisme
Tuduhan plagiarisme atas IU dibatalkan oleh lembanga penyelidikan. Mereka menilai karya IU tidak melanggar hukum hak cipta.(Instagram )

AGENSI IU, EDAM Entertainment, mengumumkan bahwa tuduhan yang diajukan terhadap penyanyi solo K-pop IU telah dibatalkan oleh lembaga penyelidikan. Lembaga penyelidikan telah memutuskan bahwa IU tidak melakukan kejahatan, sebagaimana yang dituduhkan oleh penggugat bahwa enam lagunya adalah hasil plagiarisme.

Pada Mei 2023, dilaporkan bahwa penggugat yang diidentifikasi sebagai A, telah mengajukan keluhan plagiarisme terhadap IU. Penyanyi solo K-pop IU dituduh mencuri musik dari artis Barat dan domestik untuk lagu-lagunya.

Pelapor berinisial A mengajukan keluhan tentang pelanggaran hukum hak cipta untuk enam lagu IU. Red Shoes, Good Day, BBIBBI, Pitiful, Boo, dan Celebrity adalah enam lagu yang dimaksud. Padahal, IU berpartisipasi dalam komposisi Celebrity dan produksi BBIBBI.

Semua tuduhan ini telah dibatalkan oleh lembaga penyelidikan dengan alasan bahwa tidak ada dari lagu-lagu tersebut yang melanggar hukum hak cipta. Semua tuduhan yang diajukan oleh A terhadap IU adalah tidak berdasar dan palsu.

Baca juga: IU Dituduh Plagiat, Agensi Ancam Tindak Tegas Pencemar Nama Baik

Agensi tersebut menjelaskan bahwa agar pelanggaran hak cipta terjadi berdasarkan Undang-Undang Hak Cipta, seniman harus menciptakan karya yang substansial mirip dengan karya seniman lain yang sudah ada tanpa izin.

Pada 24 Agustus sebelumnya, agensi telah mengumumkan bahwa mereka akan mengambil tindakan hukum terhadap semua postingan jahat dan rumor palsu yang muncul setelah tuduhan plagiarisme tersebut.

Baca juga: Diluncurkan 2020, Lagu Eight Dibawakan Duet oleh Suga BTS dan IU

Sebelum pengumuman ini, EDAM Entertainment telah aktif mengejar tindakan hukum terhadap postingan jahat dan rumor tak berdasar yang ditargetkan pada IU. Ini termasuk tidak hanya tuduhan plagiarisme tetapi juga rumor tak berdasar dan berita palsu lainnya.

Penggemar IU sangat mendukung upaya ini dan menyatakan rasa terima kasih dan harapan untuk penegakan yang lebih ketat terhadap mereka yang menyebarkan tuduhan yang tidak berdasar. Pembatalan kasus ini membuat banyak orang mempertanyakan motif di balik tuduhan tersebut. 

Penggemar IU telah menyatakan ketidakpercayaan mereka terhadap pengajuan awal, dengan menegaskan bahwa hal tersebut tidak masuk akal. Seiring selesainya kontroversi ini, penggemar dapat bernapas lega, mengetahui bahwa IU yang mereka cintai bebas dari bayang-bayang tuduhan plagiarisme yang telah menghantui dirinya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat