visitaaponce.com

Film Barbie Mendominasi 9 Kategori di Golden Globe 2024

Film Barbie Mendominasi 9 Kategori di Golden Globe 2024
Film Barbie mendominasi 9 kategori penghargaan Golden Globe Awards 2024(AFP)

FILM Barbie mendominasi 9 kategori Golden Globe Awards 2024. Film karya Greta Gerwig, 40, tersebut mengungguli film Oppenheimer karya Christopher Nolan yang mendominasi 8 kategori di ajang yang sama.

Kesembilan kategori trrsebut antara lain best supporting actor (Ryan Gosling), best actress motion picture (Margot Robbie), best screenplay, best motion picture, cinematic and box office achievement.

Kemudian 3 lagu Barbie pada kategori best song motion yakni dance the night, i'm just Ken, dan what was i made for?, kategori terakhir yakni best dirctor untuk sang sutradara Greta Gerwig.

Baca juga: Film Barbie dan Serial Succession Dominasi Nominasi Golden Globe 2024

Atas suksesnya film Barbie sang sutradara tidak menutup kemungkinan adanya spin-off dari karakter Ken yang diperankan oleh Ryan Gosling yang juga masuk dalam kategori best supporting actor Golden Globe Awards 2024.

"Kami punya terlalu banyak materi untuk Ken. Kami akan menulis, menulis, dan menulis," kata Gerwig dikutip dari Deadline, Minggu (17/12).

Baca juga: Barbie dan Oppenheimer Bersaing Ketat di Nominasi Golden Globes yang Baru

Kategori best dirctor menandai penghargaan pertama Gerwig dalam daftar nominasi penyutradaraan. dan perolehan ini menjadikan Barbie sebagai film dengan nominasi terbanyak kedua yang pernah ada di Globes, setelah Cabaret dari tahun 1972, dan kedua setelah Nashville, yang meraih 11 nominasi.

Diketahui berdasarkan laporan Box Office film Barbie mendapatkan profit kotor sekitar 526,3 juta dollar Amerika Serikat atau Rp8 triliun di AS. Angka tersebut menempatkan Barbie pada peringkat 18 dalam daftar 1.000 film terlaris sepanjang masa.

Selain itu, Gerwig akan menjabat sebagai ketua juri Festival Film Cannes ke-77 yang dijadwalkan akan dimulai pada 14 Mei mendatang. Dengan begitu ia akan menjadi wanita ke-12 yang memimpin panel ketu juri di Festifal FIlm Cannes tersebut.

"Saya suka film, saya suka membuatnya, saya suka mengunjunginya, saya suka membicarakannya. Festival Film Cannes selalu menjadi puncak dari bahasa universal film," ujar Gerwig.

Menurutnya berada di tempat yang rentan seperti di teater gelap yang dipenuhi orang asing, menonton film baru adalah tempat favoritnya.

"Saya terkejut dan gembira serta merasa rendah hati bisa menjabat sebagai presiden Juri Festival Film Cannes. Saya tidak sabar untuk melihat perjalanan apa yang menanti kita semua," ungkapnya.

Ubah Permainan

Sementara itu Margot Robbie yang berperan sebagai Barbie mengaku film Barbie ditangan sutradara yang tepay maka film ini dapat menjadi sesuatu yang luar biasa.

"Semua orang di dunia mengenal Barbie. Jika melihat peta, yang kami tunjukkan dalam presentasi untuk film, ini seperti pengakuan Barbie di seluruh dunia," ungkapnya.

Luar biasa adalah kata yang tepat untuk menggambarkan film Barbie, yang meraup $162 juta pada akhir pekan pembukaannya di box office domestik. Hal ini menjadikannya sebagai pembukaan terbesar di tahun 2023, pembukaan terbesar oleh sutradara wanita.

Namun Gerwig tidak ingin mengambil semua pujian atas kesuksesan Barbie. Sebaliknya, ia menegaskan bahwa ia berdiri di atas pundak orang-orang yang telah mendahuluinya.

"Tidak mungkin kita bisa berada di atas panggung dan melakukan apa yang harus kita lakukan jika para wanita itu tidak melakukannya. Jadi jangan merasa sendirian di tempat ini. Saya merasa ada banyak orang yang telah datang sebelumnya dan akan datang setelahnya," kata Robbie.

Robbie tidak ingin membiarkan pencapaian Gerwig luput dari perhatian, dengan menegaskan bahwa dia telah mengubah lanskap bagi para sutradara wanita selanjutnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat