visitaaponce.com

Barbenheimer Berlayar ke Golden Globes 2024

Barbenheimer Berlayar ke Golden Globes 2024
Poster film Barbie dan Oppenheimer(Dok. IMDB)

DUA film blockbuster, "Barbie" dan "Oppenheimer," siap bersaing di acara Golden Globes. Acara tersebut akan dilaksanakan pada Minggu, 7 Januari 2024. Dua film itu masuk dalam kategori film favorit untuk meraih penghargaan utama dalam acara tersebut.

Film tersebut diberi julukan "Barbenheimer" setelah keduanya dirilis pada akhir pekan yang sama di tahun 2023. Keduanya berhasil mengumpulkan pendapatan gabungan sebesar $2,4 miliar dan berhasil mendapat 17 nominasi di Golden Globes tahun ini. Acara ini akan menjadi pembuka musim penghargaan Hollywood tahun ini di bawah kepemilikan yang baru.

Meskipun sangat berbeda dalam segi tema, keduanya sama-sama berpotensi memenangkan banyak kategori.

"Barbie" karya Greta Gerwig mengangkat nostalgia boneka tercinta menjadi sindiran tajam terhadap feminisme, kini memimpin dengan sembilan nominasi. Film ini diharapkan dapat meraih penghargaan untuk kategori film komedi terbaik dan skenario terbaik, serta memiliki tiga dari enam kandidat untuk lagu terbaik. Sebagai film terlaris tahun ini, "Barbie" juga berpotensi meraih trofi baru untuk prestasi di box office.

Baca juga: Film Monster, Favorit Barack Obama di 2023 Telah Tayang

Sementara itu, "Oppenheimer" karya Christopher Nolan, yang mengisahkan kisah penemu bom atom, mendapat delapan nominasi. Film ini menjadi favorit untuk memenangkan penghargaan dalam film drama terbaik, sutradara terbaik, dan skor terbaik. Fokus ceritanya pada persaingan antara seorang ilmuwan brilian dan seorang politisi berkuasa, diperankan oleh Cillian Murphy dan Robert Downey Jr keduanya juga menjadi pesaing kuat untuk memenangkan kategori aktor utama drama dan aktor pendukung terbaik.

“Meskipun mereka sangat berbeda, namun keduanya sama-sama sukses menarik perhatian penonton,” ujar produser Globes, Glenn Weiss kepada AFP, Minggu, (7/1).

Hype yang masih berlanjut seputar "Barbenheimer," bahkan berbulan-bulan setelah film itu rilis, memberikan dorongan positif bagi pemilik baru Golden Globes.

Seorang miliarder AS Todd Boehly, kini mengakuisisi penghargaan tersebut setelah beberapa tahun mengalami kontroversi dan penurunan jumlah penonton. Namun, berkat kedua film tersebut, mereka berinvestasi secara besar-besaran untuk merestrukturisasi malam penghargaan yang sebelumnya dijuluki sebagai "pesta terbesar Hollywood."

Baca juga: Masa Hak Cipta Disney Berakhir, Mickey Mouse Muncul di Film Horor

Meskipun Golden Globes sempat dihadapi dengan boikot industri akibat munculnya skandal korupsi dan rasisme pada tahun 2021, acara tersebut kini tengah mengalami transformasi signifikan. Setelah dihentikan sepenuhnya pada tahun 2022, kelompok jurnalis asing yang mendirikan Golden Globes 80 tahun lalu telah dibubarkan, dan saat ini, lebih banyak kritikus luar negeri yang terlibat dalam proses pemilihan pemenang.

“Ini adalah perubahan besar bagi Globes,” ungkap Weiss

Pengisi Acara dan Prediksi Pemenang

Glenn Weiss, produser Golden Globes, menyatakan harapannya bahwa para bintang kelas atas akan bersemangat untuk merayakan award ini setelah mengalami pemogokan Screen Actors Guild (SAG-AFTRA).

"Dengan adanya perubahan, kami hanya ingin kembali membuat pesta pembukaan musim yang hebat, setelah melalui boikot tahun lalu," ujar Weiss.

Weiss pun berharap skandal Golden Globes dan reformasi tidak menjadi sorotan dalam acara ini.

Untuk memeriahkannya nama bintang ternama, seperti Leonardo DiCaprio, Billie Eilish, dan Taylor Swift masuk di antara nominator. Pembacaan nominasi akan dibawakan oleh Ben Affleck, Jodie Foster, Kevin Costner, dan Matt Damon.

Dugaan sementara, jika Cillian Murphy kalah sebagai aktor utama dalam dramanya, kemungkinan besar Bradley Cooper akan meraih penghargaan untuk perannya dalam kategori "Maestro."

Selain itu, Cooper juga dinominasikan sebagai sutradara. Dan jika menang, ia akan menjadi orang pertama yang meraih penghargaan akting dan penyutradaraan untuk film yang sama.

Kemungkinan lainnya, pemenang kategori aktris utama akan dimenangkan oleh Lily Gladstone dalam film “Killers of the Flower Moon” karena secara keseluruhan mendapat tujuh nominasi, lalu dalam kategori akting “The Holdovers” kemungkinan memenangkan dua kategori tersebut karena terdapat Paul Goamatti dan Da’Vine Joy Randolph yang memainkan peran.

Emma Stone juga tidak menutup kemungkinan untuk memenangkan kategori aktris komedi, pasalnya aktingnya dalam film “Poor Things” sangat menarik perhatian. Sedangkan untuk kategori televisi, tiga serial ini akan mendominasi, yaitu Succession, The Bear, dan Beef.

Untuk menyaksikan keseruan acara Golden Globes ke-81, Anda dapat menonton melalui CBS dan Paramount+ pada pukul 01.00 GMT atau pada Senin, 8 Januari 2024 pukul 8:00 – 10:00 WIB. Acara ini disiarkan langsung dari Amerika Serikat (AS) dan akan dipandu oleh Jo Koy yang merupakan seorang komedian ternama.

(AFP/Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat